KAJIAN RAGAM, BENTUK ESTETIK, DAN MAKNA SIMBOLIK ORNAMEN PADA MASJID GEDHE KAUMAN KERATON YOGYAKARTA


Uma Dewaji , 2401414025 (2019) KAJIAN RAGAM, BENTUK ESTETIK, DAN MAKNA SIMBOLIK ORNAMEN PADA MASJID GEDHE KAUMAN KERATON YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KAJIAN RAGAM, BENTUK ESTETIK, DAN MAKNA SIMBOLIK ORNAMEN PADA MASJID GEDHE KAUMAN KERATON YOGYAKARTA]
Preview
PDF (KAJIAN RAGAM, BENTUK ESTETIK, DAN MAKNA SIMBOLIK ORNAMEN PADA MASJID GEDHE KAUMAN KERATON YOGYAKARTA) - Published Version
Download (522kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji masalah: (1) ragam ornamen yang terdapat pada Masjid Gedhe Kauman Keraton Yogyakarta; (2) bentuk estetik ornamen yang terdapat pada Masjid Gedhe Kauman Keraton Yogyakarta; (3) makna simbolik ornamen pada Masjid Gedhe Kauman Keraton Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. Lokasi penelitian berada di Masjid Gedhe Kauman Keraton Yogyakarta, kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data deskriptif dilakukan melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data,verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di Masjid Gedhe Kauman Keraton Yogyakarta sebagai berikut. Pertama, secara keseluruhan ragam ornamen tersebar disetiap ruangan Masjid Gedhe Kauman Keraton Yogyakarta, yang berjumlah 17 motif dan menambah unsur keindahan pada setiap sudutnya. Kedua, bentuk estetik ornamen coraknya figuratif berupa stilasi dari bentuk flora (tumbuhan). Susunan ornamen satu dengan yang lain tertata rapi dan harmonis memberi kesan megah pada setiap ruangan. Ketiga, makna simbolik ornamen pada Masjid Gedhe Kauman Keraton Yogyakarta merupakan representasi mengenai syariat-syariat agama Islam, ajaran agama Islam dan larangan yang harus dijauhi. Terdapat distorsi makna pada ornamen Padma, Praba, dan atap tumpang tiga dari masa Hindu ke masa Islam di Indonesia. Kebudayaan Nusantara setiap periode memiliki ciri khas yang berbeda tetapi tidak meninggalkan sepenuhnya pada budaya yang sebelumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ragam Ornamen, Estetika, Simbolik. Masjid
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2020 18:23
Last Modified: 27 Jan 2020 18:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34833

Actions (login required)

View Item View Item