SOCIAL LOAFING MAHASISWA UNNES DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DALAM MENGERJAKAN TUGAS KELOMPOK


Marlina , 1511413011 (2019) SOCIAL LOAFING MAHASISWA UNNES DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DALAM MENGERJAKAN TUGAS KELOMPOK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SOCIAL LOAFING MAHASISWA UNNES DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DALAM MENGERJAKAN TUGAS KELOMPOK]
Preview
PDF (SOCIAL LOAFING MAHASISWA UNNES DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DALAM MENGERJAKAN TUGAS KELOMPOK) - Published Version
Download (673kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan munculnya fenomena yang dialami oleh mahasiswa dalam mengerjakan tugas kelompok. Beberapa mahasiswa mengalami penurunan motivasi dan kinerja di dalam kelompok. Dalam konteks kelompok seharusnya mahasiswa tidak hanya menyelesaikan bagian yang menjadi tugasnya namun juga membantu penyelesaian kelompok sampai selesai, beberapa mahasiswa memilih menyerahkan penyelesaian tugas ke anggota lain. Adapun masalah social loafing lainnya adalah mahasiswa tidak asertif di dalam kelompok, tidak datang mengikuti diskusi, keterlambatan penyelesain tugas. Hal tersebut akan berpengaruh dan menimbulkan dampak negatif bagi individu maupun kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran social loafing mahasiswa UNNES dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam mengerjakan tugas kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang masih tercatat aktif. Sampel penelitian berjumlah 300 mahasiswa dengan teknik sampling yang digunakan adalah disproportional stratified cluster random sampling. Data penelitian social loafing yang diambil dari aspek social loafing terdiri dari 32 aitem yang digunakan untuk penelitian, mempunyai koefisien validitas antara 0,296 sampai dengan 0,769 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,935. Selain itu, juga menggunakan kuesioner terbuka (open-ended quessionare) yang digunakan untuk mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi social loafing yang terdiri dari 4 pertanyaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang dikerjakan dengan menggunakan software statistik pengolah data. Berdasarkan analisis deskriptif secara umum menunjukkan bahwa social loafing yang dialami mahasiswa berada dalam kategori sedang yaitu sebanyak 258 mahasiswa (86%), 40 mahasiswa (13,33%) dalam kategori tinggi, dan sisanya 2 mahasiswa (0,67%) dalam kategori rendah. Hal ini berarti bahwa mahasiswa UNNES mengalami social loafing namun masih mampu memberikan kontribusi dikelompok. Faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya social loafing pada mahasiswa diantaranya yaitu faktor kinerja anggota kelompok, suasana kerja kelompok, kesulitan tugas, kohesivitas, prioritas tugas, besar kecilnya suatu kelompok, rendahnya motivasi berprestasi, anggota lain lebih menonjol, evaluasi teman sebaya, pembagian tugas, konflik dalam kelompok, penghindaran tanggung jawab, kurangnya identiafiability, ketrampilan, kepribadian, jenis tugas dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Social Loafing, Faktor-faktor Social Loafing, Tugas Kelompok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 14:12
Last Modified: 27 Jan 2020 14:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34805

Actions (login required)

View Item View Item