PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL


Angga Ramadhani , 1401415455 (2019) PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (945kB) | Preview

Abstract

Jalur pendidikan formal terdiri atas jenjang pendidikan dasar, jenjang pendidikan menengah dan jenjang pendidikan tinggi. Salah satu bentuk pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar adalah Sekolah Dasar (SD). Materi yang diajarkan pada tingkat satuan pendidikan SD adalah materi pelajaran dasar yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. Kegiatan mengajar, membimbing, dan melatih siswa di dalam kelas dapat disebut dengan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran adalah suatu konsep dari dua dimensi kegiatan (belajar dan mengajar) yang harus direncanakan dan diaktualisasikan, serta diarahkan pada pencapaian tujuan atau penguasaan sejumlah kompetensi dan indikatornya sebagai gambaran hasil belajar. Hasil belajar IPA dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya motivasi dan disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat sebanyak 246 siswa dengan jumlah sampel penelitian 153 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai data masing-masing variabel. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA sebesar 3,2%; (2) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA sebesar 20,5%; (3) pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA sebesar 20,7%. Disimpulkan bahwa motivasi dan disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar negeri se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar; Hasil Belajar IPA, Motivasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 13:19
Last Modified: 27 Jan 2020 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34786

Actions (login required)

View Item View Item