KEEFEKTIFAN MODEL (TSTS) BERBASIS TEORI VAN HIELE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD NEGERI SLAWI KULON 03 KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL


Krisnawati , 1401415445 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL (TSTS) BERBASIS TEORI VAN HIELE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD NEGERI SLAWI KULON 03 KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL (TSTS) BERBASIS TEORI VAN HIELE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD NEGERI SLAWI KULON 03 KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL (TSTS) BERBASIS TEORI VAN HIELE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD NEGERI SLAWI KULON 03 KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya guru hanya menerapkan model pembelajaran konvensional sehingga pembelajaran menjadi pasif dan siswa kurang tertarik pada pembelajaran matematika. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi belajar pada mata pelajaran matematika. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi pembelajaran matematika, dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbasis teori Van Hiele. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TSTS berbasis teori Van Hiele dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar dipadukan dengan materi macam-macam sudut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 71, yang terdiri dari 36 siswa kelas IIIB dan 35 siswa kelas IIIC. Seluruh populasi dijadikan sebagai anggota sampel karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, angket, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t Hasil uji hipotesis (uji perbedaan) data motivasi belajar menggunakan Independent sample t test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (9,446 > 1,995) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,408 >1,995). Hal ini berarti terdapat perbedaan antara motivasi belajar dan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran TSTS berbasis teori Van Hiele dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis (uji Keefektifan ) data motivasi belajar menggunakan One Sample t Test diperoleh thitung > ttabel (15,144 > 2,032) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3,914 > 2,032). Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TSTS berbasis teori Van Hiele efektif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Slawi Kulon 03 pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar yang dipadukan dengan macam-macam sudut. Saran peneliti Sebelum menerapkan model pembelajaran TSTS berbasis teori Van Hiele, kepada guru disarankan untuk mengatur waktu dengan tepat dalam menerapkan model pembelajaran TSTS berbasis teori Van Hiele sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model TSTS, motivasi belajar, teori Van Hiele.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 20:30
Last Modified: 23 Jan 2020 20:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34766

Actions (login required)

View Item View Item