PENGARUH INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Novi Indriyani , 1401415405 (2019) PENGARUH INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Era sekarang internet merupakan media yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Namun, internet juga dapat membuat anak malas dalam belajar jika digunakan dengan kurang bijak. Penggunaan internet yang kurang tepat ini bisa mengakibatkan motivasi belajar anak menjadi menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh internet dan motivasi belajar siswa kelas V SDN Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, serta seberapa besar kontribusi internet dan motivasi belajar terhadap perubahan prestasi belajar siswa kelas V SDN Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SDN Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang yang berjumlah 186 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik sampling kuota dengan jumlah 127 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dokumentasi dan wawancara. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis meliputi analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, regresi linier sederhana, regresi linier ganda dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil analisis korelasi sederhana dapat dilihat pada nilai Pearson Correlation, untuk internet dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,487 dengan nilai signifikansi 0,000, untuk motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,490 dengan nilai signifikansi 0,000. Karena nilai korelasi tersebut pada interval 0,40 – 0,599 dan nilai signifikansi > 0,05, maka pengaruh variabel tersebut masuk kategori sedang dan ada pengaruh yang signifikan. Sedangkan hasil analisis regresi linier ganda menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,579 dengan nilai signifikansi 0,000, karena nilai korelasi tersebut pada interval 0,40 – 0,599 dan nilai signifikansi > 0,05, maka pengaruh internet dan motivasi belajar secara bersama-sama masuk kategori sedang dan ada pengaruh yang signifikan. Hasil koefisien determinasi internet dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar R2 = 0,302. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh internet dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dengan besar kontribusi 30,2%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internet, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 20:01
Last Modified: 23 Jan 2020 20:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34757

Actions (login required)

View Item View Item