KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN LANGGEN KABUPATEN TEGAL


Belladiena Lusida Putri , 1401415385 (2019) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN LANGGEN KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN LANGGEN KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN LANGGEN KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika yaitu guru kurang inovatif dalam pembelajaran. Pada umumnya guru hanya menerapkan model pembelajaran konvensional sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran matematika. Hal tersebut berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran matematika, salah satunya yaitu dengan menerapkan pembelajaran pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan pembelajaran pendekatan keterampilan proses dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika materi volume bangun ruang di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 53 siswa kelas V SDN Langgen Kabupaten Tegal, yang terdiri dari 27 siswa kelas VA dan 26 siswa kelas VB. Seluruh populasi dijadikan sebagai anggota sampel karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, angket, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis pertama (uji perbedaan) data minat belajar menggunakan Independent Sample T Test menunjukkan bahwa nilai thitung> ttabel (5,465 > 2,008) dan pada hasil belajar diperoleh thitung> ttabel (3,251 > 2,008). Hal ini berarti terdapat perbedaan antara minat dan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran pendekatan keterampilan proses dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis kedua (uji keefektifan) data minat belajar menggunakan One Sample T Test diperoleh thitung> ttabel (8,807 > 2,060) dan pada hasil belajar diperoleh thitung> ttabel (4,339 > 2,060). Berdasarkan penghitungan tersebut, dapat diketahui bahwa minat dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran pendekatan keterampilan proses lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan keterampilan proses efektif terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas V SDN Langgen pada pembelajaran matematika materi volume bangun ruang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; minat belajar; pendekatan keterampilan proses.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 19:13
Last Modified: 23 Jan 2020 19:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34745

Actions (login required)

View Item View Item