PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH MATERI BATIK JUMPUT PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS V SDN WONOLOPO 03 KOTA SEMARANG


Puput Puji Lestari , 1401415384 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH MATERI BATIK JUMPUT PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS V SDN WONOLOPO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH MATERI BATIK JUMPUT PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS V SDN WONOLOPO 03 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH MATERI BATIK JUMPUT PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS V SDN WONOLOPO 03 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ditemukan data dilapangan bahwa minimnya media pembelajaran yang interaktif untuk siswa pada materi batik jumput di SDN Wonolopo 03, sehingga siswa cenderung bosan saat pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan desain pengembangan dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif materi batik jumput. Hasil pengembangan media divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan praktisi. Pada uji skala kecil dipilih 10 siswa kela V dan uji skala besar dengan jumlah 40 siswa di SDN Wonolopo 03. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal/uji persyaratan analisis, uji t, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia interaktif materi batik jumput layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil validasi materi diperoleh persentase sebesar 62,85% dengan kriteria layak, dan oleh ahli media mendapat persentase 80%, dengan kriteria layak, serta hasil validasi praktisi diperoleh persentase 95,5% dengan kategori sangat layak. Hasil belajar pretest dan posttest dihitung menggunakan N-Gain mengalami peningkatan sebesar 0,407 untuk aspek pengetahuan, dan peningkatan sebesar 0,380 untuk aspek keterampilan .Berdasarkan uji hipotesisa dengan uji t-test, pada output paired sample test diperoleh bahwa t hitung (10,422) > t tabel (2.030) untuk aspek pengetahuan, dan untuk keterampilan diperoleh bahwa t hitung (6,40) > t tabel (2.030) maka Ha diterima. Kesimpulannya multimedia interaktif berbasis adobe flash materi batik jumput layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran materi batik jumput kelas V SDN Wonolopo 03. Saran penelitian adalah guru mampu menyajikan media yang interaktif dan menarik khususnya untuk materi batik jumput.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media; Multimedia Interaktif; Batik Jumput
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 19:10
Last Modified: 23 Jan 2020 19:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34744

Actions (login required)

View Item View Item