KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH KELAS V SDN MEJASEM TIMUR 02 KABUPATEN TEGAL
Laras Ayuningtyas , 1401415365 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH KELAS V SDN MEJASEM TIMUR 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH KELAS V SDN MEJASEM TIMUR 02 KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor kurang maksimalnya proses pembelajaran IPA materi pembentukan tanah adalah materi tersebut bersifat teoritis mengandung banyak konsep-konsep IPA sehingga cara yang efektif dan efisien untuk menguasai materi yaitu menggunakan model mind mapping karena karakteristik model pembelajaran mind mapping dapat memberi informasi yang lebih dengan mencatat kreatif, inofatif, efektif, dan menyenangkan dalam bentuk peta pikiran hal tersebut lebih bisa diandalkan daripada mengunakan teknik pencatatan tradisional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kefektifan model mind mapping dibandingkan dengan model konvensional pembelajaran IPA materi pembentukan tanah di kelas V SDN Mejasem Timur 02 Kabupaten Tegal. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, lembar observasi pengamatan dan tes. Teknik analisis data yag digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t yaitu Independent samples t-test dan uji pihak kanan one sample t-test. Semua penghitungan diolah menggunakan SPSS versi 24. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Mejasem Timur 02 Kabupaten Tegal yang berjumlah 42 siswa, terdiri dari 22 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Pengujian hipotesis pertama (uji perbedaan) menggunakan rumus independent samples t-test data motivasi belajar siswa diperoleh thitung>ttabel (5,081 > 1,684) dan hasil belajar diperoleh thitung>ttabel (3,607 > 1,684). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar berbasis model pembelajaran mind mapping antara kelas eksperimen dan kontrol. Hipotesis kedua (uji keefektifan) menggunakan one sample t-test data motivasi belajar diperoleh thitung>ttabel (6,522 > 2,021) dan hasil belajar thitung>ttabel (4,956 > 2,021). Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping efektif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V SDN Mejasem Timur 2 Kabupaten Tegal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Mind Mapping, dan Motivasi Belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 18:34 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 18:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34735 |
Actions (login required)
View Item |