PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL


Abdul Rozak Assyahir , 1401415344 (2019) PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa pada hakikatnya merupakan pencerminan dari usaha belajar, siswa akan dinilai keberhasilannya melalui tes hasil belajar. Tinggi rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kemandirian dan kedisiplinan belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kemandirian dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar kelas siswa V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 246 siswa dengan sampel sebanyak 153 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai masing-masing variabel. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, dan heteroskidastisitas. Uji hipotesis terdiri dari uji korelasi sederhana, regresi seerhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (5,035>1,980) dan besarnya korelasi 0,236 atau rendah. Besar sumbangan pengaruh antara kemandirian belajar dan hasil belajar adalah 5,6%; (2) ada pengaruh kedisiplinan belajar belajar terhadap hasil belajar siswa thitung>ttabel (5.076>1,976) dan korelasi keduanya dalam kategori sedang (0,382) dengan besar pengaruh 14,6%; (3) ada pengaruh kemandirian dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (14.845>3,056) dan besarnya korelasi keduanya dikategorikan sedang (0,406) dengan besar pengaruh 16,5%. Saran peneliti hendaknya guru mengupayakan pembelajaran mengedepankan itu sikap mandiri dan disiplin untuk ditanamkan kepada siswa saat pembelajaran agar mendaptakan hasil belajar yang memuaskan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kedisiplinan Belajar, Kemandirian Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 18:07
Last Modified: 23 Jan 2020 18:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34727

Actions (login required)

View Item View Item