ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGUBAH BENTUK KEIYOUSHI DAN KEIYOUDOUSHI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MAGELANG
Amalul Labibah , 2302415058 (2019) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGUBAH BENTUK KEIYOUSHI DAN KEIYOUDOUSHI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MAGELANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGUBAH BENTUK KEIYOUSHI DAN KEIYOUDOUSHI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MAGELANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran mengenai kata sifat muncul dalam pembelajaran Bahasa Jepang dasar. Salah satu kelas kata yang dipelajari adalah kata sifat, yakni Keiyoushi dan keiyoudoushi. Keiyoushi dan keiyoudoushi memiliki aturan-aturan mengenai perubahannya yang cukup sulit dipahami siswa. Hal inilah yang menyebabkan munculnya kesalahan siswa dalam mengubah bentuk keiyoushi dan keiyoudoushi. Kesalahan yang ditemukan pada penelitian ini adalah kesalahan mengubah bentuk keiyoushi dan keiyoudoushi yang dilakukan oleh siswa kelas XI SMA N 5 Magelang. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam mengubah keiyoushi dan keiyoudoushi, serta mengetahui faktor dari kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan hasil instrumen berupa tes tentang kesalahan siswa dalam mengubah bentuk keiyoushi dan keiyoudoushi. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA N 5 Magelang. Soal instrumen berjumlah 20 dengan jumlah responden sebanyak 60 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Analisis data menggunakan tabulasi, kemudian tabel dan prosentase dijelaskan dengan kalimat. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui prosentase kesalahan siswa dalam mengubah keiyoushi dan keiyoudoushi adalah sebesar 53,2%. Kesalahan siswa yang ditemukan dalam penelitian ini yakni kesalahan dalam mengubah bentuk positif keiyoushi dan keiyoudoushi ke bentuk negatif, kesalahan dalam mengubah bentuk negatif keiyoushi dan keiyoudoushi ke bentuk positif, serta kesalahan dalam memahami konteks dialog pada soal bagian II. Berdasarkan temuan di lapangan, penulis menyimpulkan bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam mengubah bentuk keiyoushi dan keiyoudoushi. Faktor kesalahan yakni responden tidak mengetahui klasifikasi kelas kata tersebut termasuk ke dalam keiyoushi atau keiyoudoushi, siswa tidak memahami aturan perubahan keiyoushi dan keiyoudoushi, siswa yang tidak memahami konteks dialog pada soal bagian II. Penulis juga menyarankan kepada pengajar dalam menyampaikan materi perubahan keiyoushi dan keiyoudoushi secara lebih rinci agar mengurangi terjadinya kesalahan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, Keiyoushi dan Keiyoudoushi |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 13:56 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 13:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34707 |
Actions (login required)
View Item |