PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MUATAN IPS KELAS VB SDN PETOMPON 02 SEMARANG


Sriwijayanti Dhewi Sariastuti , 1401415294 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MUATAN IPS KELAS VB SDN PETOMPON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MUATAN IPS KELAS VB SDN PETOMPON 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MUATAN IPS KELAS VB SDN PETOMPON 02 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media dan model pembelajaan yang inovatif pada muatan pelajaran IPS di kelas VB SDN Petompon 02 Semarang. Hal tersebut berakibat pada kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS sehingga hasil belajar siswa pada muatan IPS rendah dan belum optimal. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengembangkan media video pembelajaran interaktif dengan model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media, menguji kelayakan dan keefektifan media video pembelajaran interaktif dengan model Numbered Heads Together (NHT) pada muatan IPS kelas VB SDN Petompon 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Prosedur penelitian ini yaitu analisis potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan produk akhir. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V-B SD N Petompon 02 Semarang sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumen dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran interaktif dengan model NHT layak digunakan dengan dengan persentase skor penilaian komponen kelayakan isi materi 91,4% dan kelayakan penyajian media 94%. Pada uji t diketahui Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya adanya perbedaan rata-rata pada hasil pretest dan posttetst. Pada uji N-gain diketahui terdapat peningkatan rata-rata (gain) pada hasil pretest dan posttetst sebesar 0,54 dengan kriteria sedang. Sehingga media video pembelajaran interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar. Simpulan dari penelitian ini adalah media video pembelajaran interaktif dengan model Numbered Heads Together (NHT) layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS di kelas VB SDN Petompon 02 Semarang. Saran bagi pihak sekolah yaitu sebaiknya pihak sekolah mendukung adanya penerapan media pembelajaran inovatif. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif pemilihan media pembelajaran yang inovatif serta dapat menambah wawasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Video Pembelajaran Interaktif; Model Numbered Heads Together (NHT); Hasil Belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 20:06
Last Modified: 22 Jan 2020 20:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34681

Actions (login required)

View Item View Item