PENGEMBANGAN MEDIA RUANG PADAT INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MUATAN IPS KELAS IV SDN PETOMPON 02 SEMARANG


Debi Ardias Destian Sari , 1401415292 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA RUANG PADAT INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MUATAN IPS KELAS IV SDN PETOMPON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA RUANG PADAT INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MUATAN IPS KELAS IV SDN PETOMPON 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA RUANG PADAT INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MUATAN IPS KELAS IV SDN PETOMPON 02 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di sekolah dasar dapat membantu siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi masyarakat yang bertanggung jawab kepada bangsa dan negara. Data pra penelitian yang dilakukan di SD Negeri Petompon 02 Semarang melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menunjukkan bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait keterbatasan penggunaan media pembelajaran dan penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah serta tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengembangkan desain media pembelajaran, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media Ruang Padat Indonesia berbasis multimedia dengan model Team Games Tournament (TGT). Berdasarkan rumusan masalah tersebut, peneliti mengembangkan media Ruang Padat Indonesia berbasis multimedia dengan model Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu teori Borg dan Gall dengan langkah-langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desai, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah kelas IVB SD Negeri Petompon 02 Semarang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir (uji t dan uji gain). Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran Ruang Padat Indonesia berbasis multimedia dengan model Team Games Tournament (TGT) sangat layak digunakan dalam pembelajarann dengan presentasi penilaian ahli materi sebesar 93,6%, ahli media sebesar 94,7% , dan ahli praktisi sebesar 91,5%. Selain itu media pembelajaran Ruang Padat Indonesia berbasis multimedia dengan model Team Games Tournament (TGT) efektif digunakan dalam pembelajaran dengan hasil perhitungan uji t sebesar 15,386 dan peningkatan rata-rata (gain) hasil belajar siswa sebesar 19,33. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran Ruang Padat Indonesia berbasis multimedia dengan model Team Games Tournament (TGT) sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi keragaman pakaian adat di Indonesia

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran Ruang Padat Indonesia; multimedia; IPS; Team Games Tournament
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 20:02
Last Modified: 22 Jan 2020 20:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34680

Actions (login required)

View Item View Item