PENGARUH LITERASI DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN KARANGRAYUNG


Novia Dwi Astuti , 1401415247 (2019) PENGARUH LITERASI DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN KARANGRAYUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LITERASI DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN KARANGRAYUNG]
Preview
PDF (PENGARUH LITERASI DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN KARANGRAYUNG) - Published Version
Download (883kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan pencapaian tujuan pendidikan pada siswa mengikuti proses belajar mengajar. Berdasarkan temuan hasil belajar siswa dalam keterampilan membaca pemahaman kurang optimal karena dipengaruhi oleh faktor literasi dan penguasaan kosakata siswa. Kemampuan literasi membaca siswa sebagian belum optimal dan penguasaan kosakata siswa yang berbeda-beda menyebabkan hasil belajar siswa dalam meringkas teks eksplanasi beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh yang positifadan signifikanaantara: 1) literasi terhadap keterampilanamembaca pemahaman; 2) penguasaan kosakata terhadap keterampilan membaca pemahaman; serta 3) literasi dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel sebanyak 97 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana serta uji korelasi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi dengan keterampilan membaca pemahaman dengan didapat nilai rhitung = 0,574 dan termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 33%, sisanya 67% dipengaruhi oleh faktor lain; 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan membaca pemahaman dengan didapat nilai rhitung = 0,726 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 53%, sisanya 47% dipengaruhi oleh faktor lain; dan 3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi dan penguasaan kosakata dengan keterampilan membaca pemahaman dengan didapat nilai rhitung = 0,761 dan termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 58%, sisanya 42% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil penelitian diketahui adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi terhadap keterampilan membaca pemahaman, antara penguasaan kosakata dengan keterampilan membaca pemahaman, dan antara literasi dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan membaca pemahaman. Saran kepada guru hendaknya meningkatkan kemampuan literasi dan penguasaan kosakata siswa agar dapat bermanfaat bagi sekolah sebagai informasi untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: literasi, penguasaan kosakata, keterampilan membaca pemahaman
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 18:16
Last Modified: 22 Jan 2020 18:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34657

Actions (login required)

View Item View Item