PERSEPSI SISWA KELAS XI BAHASA MAN 1 MAGELANG TERHADAP METODE BELAJAR TEAMS GAME TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG
Sapto Widodo , 2302412055 (2019) PERSEPSI SISWA KELAS XI BAHASA MAN 1 MAGELANG TERHADAP METODE BELAJAR TEAMS GAME TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PERSEPSI SISWA KELAS XI BAHASA MAN 1 MAGELANG TERHADAP METODE BELAJAR TEAMS GAME TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG)
- Published Version
Download (898kB) | Preview |
Abstract
Tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik apabila komponen pembelajaran terpenuhi, terdapat beberapa komponen pembelajaran salah satunya adalah metode pembelajaran. Dalam kurikulum 13 sering menggunakan metode pembelajaran kooperatif yaitu metode pembelajaran dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuanya berbeda, dalam menyelesaikan tugas kelompoknya setiap siswa anggota kelompok harus saling bekerjasama dan saling membantu untuk memahami materi pelajaran. Metode Teams Game Tournament merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, metode pembelajaran ini melibatkan seluruh siswa sebagai tutor sebaya tanpa harus ada perbedaan status dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Akan tetapi berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan menggunakan metode wawancara kepada guru pada pelaksanaanya hanya 10 siswa yang antusias dan aktif dalam penerapan metode Teams Game Tournament. Oleh karena itu, penulis melaksanakan penelitian ini dengan tujuan nuntuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan metode Teams Game Tournament pada mta pelajaran bahasa Jepang. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI bahasa MAN 1 Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan hasil data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan analisis dari interpretasi data yang telah dilakukan, siswa kelas XI Bahasa Man 1 Magelang mempunyai tanggapan terhadap penggunaan metode belajar Teams Game Tournament dalam pembelajaran Bahasa Jepang dengan persentase keseluruhan (82%) dengan rincian persepsi ”input” (83%),persepsi “proses” (81%), dan persepsi “output” (81%). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa MAN 1 Magelang terhadap metode belajar Teams Game Tournament dalam pembelajaran Bahasa Jepang berada pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Metode Teams Game Tournament, Pembelajaran bahasa Jepang |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 14:53 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 14:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34622 |
Actions (login required)
View Item |