Pengaruh Penggunaan Cerita Gambar Berseri dalam Pembelajaran terhadap Pembentukan Perilaku Belajar pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pangudi Luhur Bernardus Semarang Tahun Pelajaran 2004-2005.


F. Ludang Murtiningsih, 1401901087 (2004) Pengaruh Penggunaan Cerita Gambar Berseri dalam Pembelajaran terhadap Pembentukan Perilaku Belajar pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pangudi Luhur Bernardus Semarang Tahun Pelajaran 2004-2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Cerita Gambar Berseri dalam Pembelajaran terhadap Pembentukan Perilaku Belajar pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pangudi Luhur Bernardus Semarang Tahun Pelajaran 2004-2005.]
Preview
PDF (Pengaruh Penggunaan Cerita Gambar Berseri dalam Pembelajaran terhadap Pembentukan Perilaku Belajar pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pangudi Luhur Bernardus Semarang Tahun Pelajaran 2004-2005.) - Published Version
Download (71kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada Taman Kanak-kanak pada umumnya kurang menggunakan media atau alat peraga dan hanya mengandalkan ceramah dan cerita guru, sehingga hasil pembelajaran kurang memuaskan. Hal ini menjadi latar belakang dalam penelitian skripsi ini. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah apakah alat peraga gambar berseri dapat meningkatkan hasil pembelajaran dan dapat membentuk perilaku belajar terhadap siswa TK B pada Taman Kanak-Kanak PL Bernardus. Permasalahan itulah yang akan diangkat dalam penelitian ini. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar berseri dibanding dengan pembelajaran dengan metode ceramah, dan sejauh mana pengaruh media gambar berseri terhadap pembentukan perilaku belajar pada siswa TK B PL Bernardus, sehingga hasil pembelajaran pada TK B PL Bernardus dapat meningkat. Metodologi penelitian ini dengan menggunakan sampel 40 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, masing-masing 20 siswa, kelompok eksperimen yaitu kelompok yang menggunakan alat peraga gambar berseri dan kelompok kontrol tanpa menggunakan alat peraga. Teknik yang digunakan adalah proporsional / Random Sampling. Metode penelitian menggunakan wawancara berstruktur dan teknik tes gambar. Teknik analisis data menggunakan t tes. Hasil penelitian pada skripsi ini menunjukkan suatu peningkatan aspek yang diteliti yaitu penggunaan alat peraga, perilaku dalam kegiatan pembelajaran, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Secara umum hasil pembelajaran pada TK B PL Bernardus meningkat. Hal itu dapat dilihat dari hasil pre tes gambar, matching diperoleh hasil evaluasi yang berupa tes gambar mengalami peningkatan dari kelompok eksperimen rata-rata 6,3 sedangkan tes gambar pada tes akhir rata-rata 8,35. Hal ini terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Demikian juga hasil observasi dan wawancara pada kelompok eksperimen mendapatkan skor 141 atau 70,5% kriteria baik, sedangkan kelompok kontrol mendapatkan skor 52 atau 26%. Hal itu membuktikan bahwa siswa aktif mengikuti pelajaran, sehingga perilaku siswa dapat terbentuk dengan adanya media pembelajaran gambar berseri. Peneliti menyarankan kepada semua guru Taman Kanak-Kanak agar dalam pembelajaran selalu menggunakan alat peraga atau media pembelajaran yang tepat dan menguasai penggunaan alat peraga tersebut, sehingga tujuan yang kita rencanakan tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gambar berseri, perubahan perilaku, media, kelompok TK B1
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 06:46
Last Modified: 16 Aug 2011 06:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3461

Actions (login required)

View Item View Item