PENGEMBANGAN BUKU CERITA DENGAN ILUSTRASI UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA KELAS X


Ely Mela Purwanti , 2301414032 (2019) PENGEMBANGAN BUKU CERITA DENGAN ILUSTRASI UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU CERITA DENGAN ILUSTRASI UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA KELAS X]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU CERITA DENGAN ILUSTRASI UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA KELAS X) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kreatifitas guru dalam mengajar sangat diperlukan salah satunya dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan belajar siswa. Berdasarkan pengalaman peneliti ketika mengikuti praktik pengalaman lapangan (PPL), kegiatan pembelajaran membaca bahasa Prancis pada kelas X hanya menggunakan modul yang berisi teks materi dan latihan soal, di dalam modul juga jarang adanya visualisasi gambar. Pembelajaran pada keterampilan membaca dilakukan oleh guru dengan membaca teks didalam modul yang diikuti oleh siswa, kemudian guru menerjemahkan teks bersama siswa. Tentunya hal ini menimbulkan rasa bosan terhadap siswa karena tidak adanya daya tarik siswa terhadap pembelajaran. Adapun siswa kelas X sebagai pembelajar bahasa Prancis tingkat pemula sangat membutuhkan media pembelajaran membaca yang menarik untuk merangsang minat siswa terhadap bahasa Prancis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita dengan ilustrasi untuk menunjang pembelajaran membaca siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2006:409) terdapat sepuluh langkah yang harus dilakukan, namun penelitian ini hanya menggunakan lima langkah, yaitu merumuskan potensi dan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi desain produk dan revisi desain. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket analisis kebutuhan guru dan siswa kelas X. Hasil akhir penelitian ini adalah buku cerita dengan ilustrasi. Buku tersebut terdiri dari 8 teks dialog cerita yang didukung oleh visualisasi gambar yang disesuaikan dengan tema perkompetensi dasar (KD), kemudian terdapat kosakata dari dialog cerita serta evaluasi berupa soal pilihan ganda. Dalam buku tersebut juga terdapat latar situasi cerita dan latar tempat perpaduan dengan menggunakan pemilihan tokoh remaja. Adapun buku cerita dengan ilustrasi tersebut digunakan sebagai media pembelajaran membaca untuk kelas X dengan menggunakan materi selama satu tahun yang disesuaikan berdasarkan silabus bahasa Prancis kurikulum 2013. Penelitian ini telah melewati tahap validasi dosen ahli dan revisi desain sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran membaca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita Ilustrasi, Pembelajaran Membaca, Siswa SMA.
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2020 18:10
Last Modified: 20 Jan 2020 18:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34607

Actions (login required)

View Item View Item