PENGARUH KETEKUNAN BELAJAR DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS MARTOPURO KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL
Nisa Tri Septiani , 1401415165 (2019) PENGARUH KETEKUNAN BELAJAR DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS MARTOPURO KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KETEKUNAN BELAJAR DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS MARTOPURO KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa dalam pembelajaran. Ada dua faktor yang memengaruhi keberhasilan belajar siswa, yaitu faktor internal dan eksternal. Hasil wawancara dengan guru Kelas V SD Se-Gugus Martopuro Kecamatan Tegal Timur, diperoleh informasi bahwa hasil belajar IPS siswa SD kelas V tergolong rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah ketekunan belajar dan kondisi sosial ekonomi keluarga siswa yang kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Apakah pengaruh ketekunan belajar dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Se-Gugus Martopuro Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal?”. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh ketekunan dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Se-Gugus Martopuro Tegal Timur Kota Tegal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Se-Gugus Martopuro Tegal Timur Kota Tegal berjumlah 136 siswa dengan sampel penelitian sejumlah 102 siswa. Penelitian sudah memenuhi uji prasyarat analisis yang terdiri atas uji normalitas, liniearitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas serta analisis akhir berupa analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan dan uji F. Hasil uji hipotesis (1) ada pengaruh yang signifikan antara ketekunan belajar terhadap hasil belajar IPS ditunjukkan dengan thitung>ttabel (3,662>1,983) dengan pengaruh sebesar 11,8%. (2) Hasil uji hipotesis pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar IPS thitung>ttabel (5,495>1,983), dengan pengaruh 23,2%. (3) Hasil uji hipotesis pengaruh ketekunan belajar dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar IPS secara bersama-sama diperoleh Fhitung>Ftabel (17,584>3,088), dengan pengaruh sebesar 26,5%. Saran peneliti harus ada kerjasama yang baik antara guru, pihak sekolah, dan orang tua, tentang ketekunan belajar yang dimiliki siswa agar siswa dapat menggunakan kesempatan yang ada dengan baik dalam belajar IPS serta kondisi sosial ekonomi keluarga yang memadai untuk menyediakan pemenuhan kebutuhan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS yang efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPS; ketekunan belajar; kondisi sosial ekonomi. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 20:42 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 20:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34580 |
Actions (login required)
View Item |