Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan teknik skrambel pada siswa kelas IV D SD PL Bernardus Semarang tahun pelajaran 2004 / 2005.


RM INDRIANI WIDIYATI, 1401901082 (2005) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan teknik skrambel pada siswa kelas IV D SD PL Bernardus Semarang tahun pelajaran 2004 / 2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan teknik skrambel pada siswa kelas IV D SD PL Bernardus Semarang tahun pelajaran 2004 / 2005.]
Preview
PDF (Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan teknik skrambel pada siswa kelas IV D SD PL Bernardus Semarang tahun pelajaran 2004 / 2005.) - Published Version
Download (80kB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca menduduki posisi serta peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Membaca merupakan jembatan bagi siapa saja yang ingin meraih kesuksesan.Membaca bukan suatu proses “efakator”melainkan suatu kemampuan yang interaktif dan terpadu. Memperoleh keterampilan membaca yang layak bukanlah hal yang mudah. Apabila seseorang sudah memiliki keterampilan membaca yang memadahi, sangat mungkin seseorang dengan mudah meraih kesuksesan. Kenyataannya kemampuan membaca kelas IV D SD PL Bernardus Semarang masih rendah. Faktor penyebab rendahnya keterampilan membaca siswa diduga karena minat siswa terhadap pembelajaran tersebut. Metode mengajar guru yang kurang sesuai mengakibatkan penguasaan bahasa Indonesia terbatas. Untuk mengatasi masalah tersebut,perlu diadakan penelitian tindakan kelas. Teknik skrambel adalah suatu permainan yang berupa aktivitas menyusun kembali atau pengurutan suatu struktur bahasa yang dikacaubalaukan. Dasar pemikirannya adalah “belajar sambil bermain”bukan”bermain sambil belajar”. Masalah dalam penelitian ini adalah mampukah teknik skrambel ini meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dan mengubah perilaku siswa dalam kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi secara konkret penggunaan teknik skrambel dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dan perubahan tingkah laku siswa selama dan setelah kegiatan pembelajaran. Subyek peneliltian ini adalah siswa kelas IV D SD PL Bernardus Semarang,tahun pelajaran 2004/2005, yang terdiri atas 45 siswa.Variabel penelitian ini ada dua yaitu :(1) kemampuan membaca pemahaman, (2) penggunaan teknik skrambel. Instrumen peneliltian berupa tes dan nontes.Proses tindakan kelas meliputi siklus I dan siklus II, dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil tes awal dan tes akhir sikllus I diperoleh t = 7, 547 lebih besar dari taraf signifikansi 5 %. Hasil tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II diperoleh t = 8, 018 lebih besar dari taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hal tersebut, teknik skrambel dapat dijadikan alternatif oleh guru dalam pembelajaran karena terbukti teknik ini dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman yang ditandai dengan perubahan perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman, Teknik Skrambel, SD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 06:37
Last Modified: 16 Aug 2011 06:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3458

Actions (login required)

View Item View Item