HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DANMOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJARIPS KELAS IV SDN GUGUS DWIJA KRIDA KECAMATAN MIJENKOTA SEMARANG
JanahDyahRachmadani , 1401415153 (2019) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DANMOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJARIPS KELAS IV SDN GUGUS DWIJA KRIDA KECAMATAN MIJENKOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DANMOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJARIPS KELAS IV SDN GUGUS DWIJA KRIDA KECAMATAN MIJENKOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Melalui pendidikan yang berkaiatan dengan IPS sebagai ilmu yang mempelajari segala aspek kehidupan bermasyarakat, perhatian dari orang tua dan motivasi sangat penting dilakukan. Namun pada kenyataannya, hal tersebut menjadi salah satu faktor yang dapat menimbulkan masalah dalam belajar. Permasalahan tersebut terjadi di SDN Gugus Dwija Krida Kecamatan Mijen Kota Semarang yang ditunjukkan melalui hasil belajar IPS yang tidak tuntas KKM sebesar 49,55%. Berdasarkan wawancara dengan guru, faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS rendah adalah perhatian orang tua dan motivasi belajar yang belum optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS; 2) apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar; 3) apakah ada hubungan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menguji hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar; 2) menguji hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar; 3) menguji hubungan perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain korelasional yang memiliki sampel sejumlah 113 peserta didik dari populasi yang berjumlah 140 menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data dengan uji prasyarat data yang didapatkan yakni data normal, data linier, dan tidak terjadi multikolinieritas. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi sederhana, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perhatian orang tua memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar IPS dengan kontribusi yang diberikan sebesar 41,7%; (2) motivasi belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar IPS dan kontribusinya sebesar 54,5%; (3) perhatian orang tua dan motivasi belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar IPS dan kontribusinya sebesar 47,7%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu perhatian orang tua dan motivasi belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Dwija Krida, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Dari hasil penelitian, disarankan agar orang tua dapat optimal dalam meningkatkan perhatian orang tua dan motivasi belajar khususnya dalam pengawasan belajar dan pemberian penghargaan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPS; motivasi belajar; tingkat perhatian orang tua. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 19:07 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 19:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34572 |
Actions (login required)
View Item |