Meningkatkan Kemampuan Menggambar Ekspresi Anak Melalui Metode Bercerita: Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok A TK Pangudi Luhur Santo Yusup Semarang Tahun Pelajaran 2003-2004”,


Anjarwati Anastasia, 1401901076 (2005) Meningkatkan Kemampuan Menggambar Ekspresi Anak Melalui Metode Bercerita: Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok A TK Pangudi Luhur Santo Yusup Semarang Tahun Pelajaran 2003-2004”,. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Kemampuan Menggambar Ekspresi Anak Melalui Metode Bercerita: Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok A TK Pangudi Luhur Santo Yusup Semarang Tahun Pelajaran 2003-2004”,]
Preview
PDF (Meningkatkan Kemampuan Menggambar Ekspresi Anak Melalui Metode Bercerita: Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok A TK Pangudi Luhur Santo Yusup Semarang Tahun Pelajaran 2003-2004”,) - Published Version
Download (62kB) | Preview

Abstract

Menggambar merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh anak TK. Namun kegiatan itu belum dilaksanakan anak dengan semaksimal mungkin, sehingga hasilnyapun kurang memuaskan. Maka penulis sebagai guru TK ingin sekali mengoptimalkan kegiatan tersebut. Dicarilah jalan keluar yang juga sangat berhubungan dengan anak TK, yaitu dengan menggunakan metode bercerita. Sehingga permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan menggambar ekspresi melalui metode bercerita. Penelitian ini dilakukan pada bulan Pebruari sampai April 2004 di TK PL Santo Yusup Semarang. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus ( Siklus I, Siklus II dan Siklus III ). Di mana setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumen Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisa kualitatif dan analisa kuantitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil tindakan siklus I menunjukkan indikator peningkatan kemampuan menggambar ekapresi sejumlah 19%, selanjutnya pada tindakan siklus II mengalami peningkatan sejumlah 63% dan setelah dilakukan tindakan siklus III menunjukkan hasil yang menggembirakan sejumlah 91%. Meskipun tidak mencapai hasil 100% namun bagi peneliti hasil ini sudah sangat memuaskan, karena empat siswa atau yang 9% menunjukkan kalau siswa tersebut belum begitu siap untuk mengikuti kegiatan di TK, hal ini ditunjukkan dengan sikap yang kurang mandiri dan belum bisa berkonsentrasi. Akhirnya penulis dapat memberikan saran, terutama kepada rekanrekan guru TK, marilah kita melatih anak-anak melakukan kegiatan menggambar ekspresi melalui metode bercerita, ciptakanlah selalu suasana yang menyenangkan, maka sesulit apapun kegiatan itu pasti akan berhasil dengan baik. Karena memang kegiatan menggambar ekspresi bukanlah kegiatan yang mudah untuk anak TK, namun sebagai guru TK kita wajib mengenalkannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Menggambar Ekspresi, Metode Bercerita.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 06:35
Last Modified: 16 Aug 2011 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3457

Actions (login required)

View Item View Item