HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn KELAS V SD GUGUS MAWAR KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA


Kholifatun Naimah , 1401415127 (2019) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn KELAS V SD GUGUS MAWAR KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401415127_Optimized.pdf]
Preview
PDF
Download (960kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal salah satunya yaitu motivasi belajar dan faktor eksternal salah satunya yaitu disiplin belajar. Motivasi be-lajar akan membentuk kesadaran belajar, dan disiplin belajar akan berpengaruh terha-dap cara dan sikap belajar yang akhirnya akan diperoleh hasil belajar. Motivasi bela-jar dan disiplin belajar siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, khusus-nya hasil belajar PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara moti-vasi belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar PPKn, siswa kelas V SD Gugus Mawar, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kore-lasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 118 siswa. Teknik pe-ngambilan sampel dengan teknik sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan sam-pel sebanyak 118 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik non tes, yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen mengguna-kan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, Uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signi-fikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar PPKn. Hal ini dibuktikan dengan data hasil penelitian bahwa rhitung > rtabel, yaitu 0,758 > 0,180 pada taraf signifikansi 5%, hasil korelasi ganda tersebut termasuk kategori kuat, dan ber-kontribusi sebesar 57,5%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar PPKn, siswa kelas V SD Gugus Mawar, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara. Pe-neliti menyarankan kepada guru agar dapat lebih meningkatkan motivasi belajar sis-wa dan memperhatikan sikap disiplin siswa selama pembelajaran maupun di luar pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, hasil belajar PPKn, motivasi belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Jan 2020 16:18
Last Modified: 14 Jan 2020 16:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34553

Actions (login required)

View Item View Item