Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, NIM 1314981084, Judul Penelitian “ Keefektifan layanan konseling kelompok terhadap perilaku agresif pada siswa kelas I SMP Muhamadiyah Sapuran, Wonosobo tahun ajaran 2005/2006
Mei Lany Indrawati, 1314981084 (2006) Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, NIM 1314981084, Judul Penelitian “ Keefektifan layanan konseling kelompok terhadap perilaku agresif pada siswa kelas I SMP Muhamadiyah Sapuran, Wonosobo tahun ajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, NIM 1314981084, Judul Penelitian “ Keefektifan layanan konseling kelompok terhadap perilaku agresif pada siswa kelas I SMP Muhamadiyah Sapuran, Wonosobo tahun ajaran 2005/2006)
- Published Version
Download (68kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini diadakan di SMP Muhamadiyah Sapuran, kabupaten Wonosobo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa efektifkah layanan konseling kelompok dalam mengurangi tingkat perilaku agresif siswa kelas I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan konseling kelompok dalam mengurangi tingkat perilaku agresif pada siswa kelas I. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi siswa pada khususnya dan bagi guru BK pada umumnya, yaitu dapat mengetahui keefektifan layanan konseling kelompok terhadap perilaku agresif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jumlah populasi 70 siswa kelas I SMP Muhamadiyah Sapuran, Wonosobo. Jumlah sampel penelitian adalah 12 siswa dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling, yaitu sample diambil berdasarkan ciri-ciri, sifat atau karakteristik tertentu, yang merupakan ciri-ciri pokok populasi dalam hal ini adalah siswa yang mempunyai perilaku agresif. Variabel penelitian ada dua macam yaitu, variable penelitian konseling kelompok sebagai variabel bebas dan perilaku agresif sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket skala psikologi. Metode analisis data menggunakan Wilcoxon test. Hasil penelitian menunjukan bahwa selama 10 kali diberi layanan konseling kelompok perilaku agresif siswa mengalami penurunan, dinamika kelompok yang muncul pada pertemuan pertama siswa masih melakukan perilaku agresif seperti memukul meja, menyela pembicaraan dan menendang teman lain, pada pertemuan ketiga sampai pertemuan kesepuluh dinamika kelompok sudah tampak yaitu adanya empati dari anggota, adanya kerja sama dan adanya peran anggota secara nyata dalam memberikan pendapat dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi temannya. Dengan penghitungan kuantitatif hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus Wilcoxon. Hasil perhitungan dengan rumus Z hitung = -2,118 < Ztabel = 1,96 maka ditemukan bahwa “ Konseling kelompok efektif dalam mengurangi tingkat perilaku agresif pada siswa kelas I SMP Muhamadiyah Sapuran, Wonosobo tahun ajaran 2005/2006 ”. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah melalui pemberian layanan konseling kelompok perilaku agresif siswa mengalami penurunan. Sehubungan dengan hal tersebut disarankan kepada Guru Pembimbing di sekolah untuk lebih meningkatkan mutu layanan konseling khususnya kegiatan konseling kelompok untuk mengatasi masalah yang vi berhubungan dengan perilaku siswa disekolah khususnya masalah perilaku agresif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 06:15 |
Last Modified: | 16 Aug 2011 06:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3453 |
Actions (login required)
View Item |