HUBUNGAN MINAT BACA DAN INTENSITAS MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS II SD GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS


Khalimatus Sa’diyah , 1401415060 (2019) HUBUNGAN MINAT BACA DAN INTENSITAS MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS II SD GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN MINAT BACA DAN INTENSITAS MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS II SD GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS]
Preview
PDF (HUBUNGAN MINAT BACA DAN INTENSITAS MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS II SD GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

vi ABSTRAK Sa’diyah, Khalimatus. 2019. Hubungan Minat Baca dan Intensitas Membaca terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas II SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Drs. Umar Samadhy, M.Pd. 113 halaman. Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa terdapat masalah pada kemampuan membaca pemahaman, minat baca dan intensitas membaca pada siswa kelas II SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Mejobo Kabupateen Kudus. Siswa masih belum ada kesadaran akan pentingnya membaca buku, sehingga minat baca dan intensitas membaca siswa masih rendah sehingga kemampuan memahami suatu bacaan masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan yang signifikan antara minat baca dan intensitas membaca secara bersama-sama terhadap kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Teknik pemngambilan sampel yang digunakan yakni teknik sampel jenuh dengan jumlah 116 siswa kelas kelas II SD di Gugus Sultan Agung Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat baca dan intensitas membaca sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca pemahaman. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen angket, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif, uji korelasi, dan uji regresi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Product moment berbantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan hubungan minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman yaitu 0,683 dengan kontribusi 46,6%, hubungan intensitas membaca dengan kemampuan membaca pemahaman yaitu 0,611 dengan kontribusi 37,4%, serta hubungan minat baca dan intensitas membaca secara bersama-sama terhadap kemampuan membaca pemahaman yaitu 0,742 dengan kontribusi sebesar 55,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan penelitian ini adalah terdapatnya hubungan yang signifikan antara minat baca dan intensitas membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman. Peneliti menyarankan agar guru membiasakan siswa untuk membaca segala jenis bacaan supaya siswa memiliki minat baca yang tinggi dan intensitas membaca meningkat sehingga siswa mudah untuk memahami suatu bacaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca pemahaman, minat baca, intensitas membaca,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2020 19:58
Last Modified: 13 Jan 2020 19:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34520

Actions (login required)

View Item View Item