KEEFEKTIFAN MODEL ROUND ROBIN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD GUGUS UNTUNG SUROPATI, KECAMATAN PATEBON, KABUPATEN KENDAL
Fatma Atik Mulyani , 1401415058 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL ROUND ROBIN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD GUGUS UNTUNG SUROPATI, KECAMATAN PATEBON, KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL ROUND ROBIN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD GUGUS UNTUNG SUROPATI, KECAMATAN PATEBON, KABUPATEN KENDAL)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD Gugus Untung Suropati belum mencapai criteria ketuntasan minimal kare-na siswa mengalami kesulitan saat mengembangkan ide atau gagasannya ke dalam tulisan dan siswa kurang memperhatikan penggunaan ejaan, sehingga hasil belajar keterampilan menulis karangan deskripsi siswa masih rendah. Guru hanya meng-gunakan model direct instruction (DI) yang berpusat pada guru, sehingga keakti-fan siswa kurang. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model round robin brainstorming (RRB) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada kete-rampilan menulis karangan deskripsi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan model RRB karena model ini dapat memberikan kesempatan yang sama bagi siswa untuk mengungkapkan ide dan gagasannya secara bergilir sehingga diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SD Gugus Untung Suropati dan sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 1 Kebonharjo sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN 2 Tam-bakrejo sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji nor-malitas, homogenitas, uji hipotesis uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data pretes kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata skor postes kelas eks-perimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 83.73 dan rata-rata postes kelas kontrol sebesar 76.34. Hasil uji-t menunjukkan bahwa skor thitung (3,238) > ttabel (2,00029) sehingga hasil belajar siswa dengan menggunakan model RRB lebih tinggi dibandingkan dengan model DI. Rata-rata gain kelas kontrol lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen (0,11< 0,33). Berdarkan analisis data indeks gain, peningkatan kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 83% dibandingkan kelas kontrol yaitu 72%. Kesimpulan dari penelitian yaitu model RRB efektif digunakan dalam ke-terampilan menulis karangan deskripsi. Saran bagi guru yaitu hendaknya memilih model inovatif yang dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pemilihan model yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RRB; keterampilan menulis karangan deskripsi. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 19:33 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 19:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34512 |
Actions (login required)
View Item |