PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL


Intan Aulia Karin , 1401415057 (2019) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (964kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di beberapa SD Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Pangkah, diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa kelas V tergolong rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal salah satunya adalah gaya belajar, sedangkan faktor eksternal salah satunya adalah interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS kelas V SD Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Pangkah sebanyak 226 siswa dengan jumlah sampel penelitian 145 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk hasil belajar IPS dan angket tertutup dengan skala Likert 4 untuk interaksi sosial dan gaya belajar siswa. Data penelitian ini telah memenuhi uji prasyarat analisis dan selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan interaksi sosial terhadap hasil belajar IPS dengan hasil penelitian diperoleh thitung ≥ ttabel atau 2,820 > 1,976 dengan persentase sumbangan pengaruh variabel interaksi sosial terhadap variabel hasil belajar IPS sebesar 5,3%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS dengan hasil penelitian diperoleh thitung ≥ ttabel atau 3,960 > 1,976 dengan persentase sumbangan pengaruh variabel gaya belajar terhadap variabel hasil belajar IPS sebesar 9,9%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung> Ftabel yaitu 11,700 > 3,059 dengan persentase sumbangan 14,1%. Disimpulkan bahwa interaksi sosial dan gaya belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS Kelas V SD Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Saran peneliti adalah guru hendaknya menjadi pelopor untuk siswa dapat menjalin interaksi sosial dengan baik, dapat mencegah pertentangan siswa dan menyelesaikan masalah yang terjadi serta menumbuhkan keinginan untuk bersaing secara sehat dalam pembelajaran. Guru hendaknya dapat memahami gaya belajar siswa dan mengefektifkan gaya belajar tersebut dengan cara menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi agar hasil belajar IPS siswa dapat optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; interaksi sosial; gaya belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2020 19:30
Last Modified: 13 Jan 2020 19:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34511

Actions (login required)

View Item View Item