IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD MARGADANA 8 KOTA TEGAL


Intan Rakhmaannisa Putri , 1401415038 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD MARGADANA 8 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD MARGADANA 8 KOTA TEGAL]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD MARGADANA 8 KOTA TEGAL) - Published Version
Download (776kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada peserta didik kelas IV SD Margadana 8 Kota Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa implementasi pendidikan karakter pada peserta didik kelas IV SD Margadana 8 Kota Tegal berdasarkan 18 nilai karakter, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas IV, guru mapel PAI kelas IV, guru mapel PJOK kelas IV, dan peserta didik kelas IV SD Margadana 8 Kota Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu uji kredibilitas, uji reliabilitas, dan uji konfirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwa implementasi pendidikan karakter pada peserta didik kelas IV SD Margadana 8 Kota Tegal dalam kegiatan pembelajaran dan di luar kegiatan pembelajaran dilakukan dengan berbagai cara. Implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran diimplementasikan melalui lima model, yaitu pembiasaan, metode pembelajaran, pengkondisian, keteladanan, dan pemberian motivasi, nasihat, pemahaman dan apresiasi. Nilai-nilai karakter yang paling menonjol pada implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran yaitu religius, disiplin, mandiri, dan rasa ingin tahu. Sedangkan implementasi pendidikan karakter di luar kegiatan pembelajaran diimplementasikan melalui pembiasaan, pengadaan fasilitas sekolah, pengadaan program-program sekolah, keteladanan, dan pemberian motivasi serta apresiasi. Nilai-nilai karakter yang paling menonjol pada implementasi pendidikan karakter di luar kegiatan pembelajaran yaitu nilai toleransi dan peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pendidikan Karakter; Peserta Didik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2020 14:51
Last Modified: 13 Jan 2020 14:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34500

Actions (login required)

View Item View Item