HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KOTA SEMARANG


Dita Ayu Mawarni , 1401415022 (2019) HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Peserta didik sangat membutuhkan orang lain, terutama interaksinya dengan teman sebaya. Dalam kegiatan pembelajaran terdapat proses interaksi antar teman sebaya yang dapat membentuk kepercayaan diri siswa dan perubahan perilaku peserta didik. Apabila siswa memiliki hubungan yang kurang baik dengan teman sebayanya maka akan berpengaruh terhadap pembentukan konsep diri siswa dan kepercayaan dirinya dan kemudian akan berdampak pula terhadap proses pembelajaran yang secara otomatis berpengaruh terhadap hasil belajar siswa khususnya pada muatan pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menemukan hubungan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPA; 2) menemukan hubungan kepercayaan diri terhadap hasil belajar IPA; 3) menemukan hubungan interaksi teman sebaya dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi kausalitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 134 siswa dan menggunakan teknik Sampling Quota diperoleh sampel penelitian berjumlah 101 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket variabel interaksi teman sebaya, angket variabel kepercayaan diri, dokumentasi hasil belajar PTS kognitif semester genap, dan wawancara guru kelas V. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dan hasil belajar IPA dengan nilai thitung 8.408 > ttabel 1.984 dan hasil uji R2 sebesar 41.63%; 2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dan hasil belajar IPA dengan thitung 7.829 > ttabel 1.984 dan hasil uji R2 sebesar 38.24%; 3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar IPA dengan nilai Fhitung 49.378 > Ftabel 3.09 dan hasil uji R2 sebesar 50.19%, bahwa perubahan hasil belajar IPA berhubungan dengan interaksi teman sebaya dan kepercayaan diri dan sisanya 49.81% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa apabila hubungan interaksi teman sebaya dan kepercayaan diri baik, maka hasil belajar IPA siswa juga akan meningkat. Sebagai seorang guru sebaiknya dapat meningkatkan rasa percaya diri dan interaksi teman sebaya siswa di dalam kelas melalui kegiatan pembelajaran khususnya pada kegiatan diskusi kelompok kecil di kelas. Guru juga dapat memberikan sosialisasi kepada orang tua siswa tentang pentingnya interaksi teman sebaya yang baik dan rasa kepercayaan diri yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Interaksi Teman Sebaya, Kepercayaan Diri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2020 15:30
Last Modified: 10 Jan 2020 15:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34493

Actions (login required)

View Item View Item