Pengaruh Interaksi Sosial Rekan Sebaya terhadap Kepatuhan Siswa Mematuhi Peraturan Sekolah pada Siswa Kelas II SMP N 36 Semarang, Tahun Pelajaran 2004/2005.


Husni Latifah Binti Achmad Rofiie., 1314000047 (2005) Pengaruh Interaksi Sosial Rekan Sebaya terhadap Kepatuhan Siswa Mematuhi Peraturan Sekolah pada Siswa Kelas II SMP N 36 Semarang, Tahun Pelajaran 2004/2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Interaksi Sosial Rekan Sebaya terhadap Kepatuhan Siswa Mematuhi Peraturan Sekolah pada Siswa Kelas II SMP N 36 Semarang, Tahun Pelajaran 2004/2005.]
Preview
PDF (Pengaruh Interaksi Sosial Rekan Sebaya terhadap Kepatuhan Siswa Mematuhi Peraturan Sekolah pada Siswa Kelas II SMP N 36 Semarang, Tahun Pelajaran 2004/2005.) - Published Version
Download (71kB) | Preview

Abstract

Pelanggaran peraturan sekolah menjadi salah satu masalah yang terdapat di SMP N 36 Semarang. Akibat dari masalah ini akan menghambat proses belajar mengajar dan tingkat kedisiplinan siswa. Salah satu faktor yang diperkirakan berpengaruh pada kepatuhan siswa di SMP N 36 Semarang adalah interaksi sosial rekan sebaya. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh interaksi sosial rekan sebaya terhadap kepatuhan siswa mematuhi peraturan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengarauh interaksi sosial rekan sebaya terhadap kepatuhan siswa mematuhi peraturan sekolah. Manfaat penelitian ini yaitu sebagai masukan kepada guru pembimbing supaya dapat memberikan layanan informasi yang lebih intensif kepada siswa itu sendiri agar tidak terpengaruh apabila rekan sebaya mereka menunjukkan sikap dan perilaku tidak berdisiplin. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II SMP Negeri 36 Semarang tahun pelajaran 2004/2005 sebanyak 281 siswa. Jumlah sampel yang diambil dari populasi tersebut adalah sebanyak 30 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu interaksi sosial rekan sebaya sebagai variabel bebas dan kepatuhan siswa memetuhi peraturan sekolah sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner dan diuji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan rumus alpha untuk mengetahui reliabilitas instrumen. Dalam menganalisis data digunakan teknik analisis regresi linier yang mencakup kenormalitasan data dan mengetahui persamaan regresi. Kemudian digunakan uji kelinieran dan juga uji keberartian regresi yang mana hasil yang diperoleh adalah model regresi antara variabel X terhadap Y linier dan berarti. Dari hasil penghitungan ini kita dapat ketahui bahwa interaksi sosial rekan sebaya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan siswa mematuhi peraturan sekolah. Penghitungan konstribusi X terhadap Y menunjukkan hasil bahwa kontribusi dari interaksi sosial rekan sebaya terhadap kepatuhan siswa mematuhi peraturan sekolah adalah sebesar 15.8%. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang yang signifikan interaksi sosial terhadap kepatuhan siswa mamatuhi peraturan sekolah pada siswa kelas II SMP Negeri 36 Semarang, Tahun Pelajaran 2004/2005. Selanjutnya disarankan agar guru pembimbing dapat memberikan layanan informasi dengan lebih intensif tentang meningkatkan nilai-nilai yang baik pada pribadi dan perilaku siswa dengan tujuan mereka dapat diarahkan kepada hal-hal yang lebih positif dan tidak merugikan diri sendiri. Hal yang lebih penting adalah menyadarkan siswa tentang pentingnya memiliki perilaku yang baik agar dapat menjadi contoh kepada orang lain dan juga memenuhi harapan sosial yang seharusnya menjadi tujuan mereka.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 05:57
Last Modified: 16 Aug 2011 05:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item View Item