PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS SINOPSIS CERKAK DENGAN TEKNIK URAI UNSUR INTRINSIK BAGI SISWA SMA
Riska Ratnawati, 2601414019 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS SINOPSIS CERKAK DENGAN TEKNIK URAI UNSUR INTRINSIK BAGI SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (988kB) | Preview |
Abstract
Salah satu kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Jawa kelas X yaitu menulis dan menyajikan sinopsis teks crita cekak yang dibacanya. Pembelajaran menulis sinopsis cerkak di SMA merupakan pembelajaran yang belum dicapai secara optimal oleh siswa SMA. Terbatasnya sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan menjadi salah satu penyebabnya. Dalam pembelajaran menulis sinopsis cerkak, guru hanya mengandalkan LKS (lembar kerja siswa) dan buku teks sebagai sumber belajar utama. Sementara, dalam pembelajaran menulis sinopsis cerkak, siswa membutuhkan referensi yang menyajikan teori sekaligus petunjuk praktis langkah-langkah menulis sinopsis cerkak serta contoh sinopsis. Karena itu, diperlukan pengembangan buku panduan menulis sinopsis cerkak sesuai dengan kebutuhan siswa maupun guru. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan siswa dan guru terhadap buku panduan menulis sinopsis cerkak, (2) bagaimana prototipe buku panduan menulis sinopsis cerkak, dan (3) bagaimana hasil uji ahli terhadap prototipe buku panduan menulis sinopsis cerkak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Tahap penelitian yang dilakukan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Data dalam penelitian ini adalah data dari observasi tentang proses pembelajaran dan ketesediaan buku panduan, analisis kebutuhan siswa dan guru, dan data dari hasil uji validasi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu buku panduan menulis sinopsis cerkak sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Adapun buku yang dibutuhkan yaitu buku yang spesifik menjelaskan langkah-langkah menulis sinopsis yang disertai dengan contoh. Selain itu, siswa dan guru juga membutuhkan rangkuman materi disajikan dalam buku panduan. Buku panduan menulis sinopsis cerkak ini terdiri dari tiga bagian yaitu: pendahuluan, isi, dan penyudah. Pada bagian pendahuluan buku terdapat sampul buku, halaman judul, halaman hak cipta, kata pengantar, dan daftar isi. Untuk bagian isi terdiri dari hakikat teks cerkak, langkah-langkah menulis sinopsis cerkak, dan contoh sinopsis. Sementara Pada bagian penyudah terdapat daftar pustaka. Berdasarkan uji ahli materi dan ahli media, buku panduan menulis sinopsis cerkak sudah baik dan layak digunakan vii dalam pembelajaran. Namun, terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki. Perbaikan tersebut meliputi aspek penyajian dan grafika. Berdasarkan penelitian tersebut, terdapat saran yang disampaikan oleh penulis yaitu, (1) Bagi guru, buku panduan menulis sinopsis cerkak dapat dijadikan sebagai alternatif tambahan bahan ajar dalam pembelajaran menulis sinopsis cerkak, (2) bagi siswa, buku panduan menulis sinopsis cerkak dapat digunakan sebagai referensi dan penunjang dalam pembelajaran menulis sinopsis cerkak, dan (3) bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dikembangkan dengan objek yang berbeda seperti novel maupun naskah drama.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Buku Panduan, Menulis Sinopsis Cerkak |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 18:22 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 18:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34466 |
Actions (login required)
View Item |