PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN GUGUS PATIMURA KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL


Andi Setiawan , 1401412548 (2019) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN GUGUS PATIMURA KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN GUGUS PATIMURA KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN GUGUS PATIMURA KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (688kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan bentuk dari nilai yang diakumulasikan siswa dalam kurun waktu tertentu. Ada beberapa faktor yang memengaruhi prestasi belajar diantaranya kreativitas guru dan minat belajar ada beberapa faktor yang memengaruhi prestasi belajar di antaranya kreativitas guru dan minatbelajar. Kreativitas guru dan minat belajar siswa yang merupakan salah satu faktor penting yang dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V siswa SDN Gugus Patimura Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gugus Patimura Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. yang berjumlah 234 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling tipe simple random sampling. penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 147 siswa.Variabel dalam penelitian ini meliputi prestasi belajar Bahasa Indonesia, Kreativitas Guru, dan Minat Belajar. teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dan angket tertutup dengan skala likert 4 untuk Kreativitas Guru serta Minat Belajar. data penelitian dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan kolom sig. pada tabel Coefficients diketahui bahwa nilai signifikansinya sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H01 ditolak dan Ha1 diterima. Tabel Coefficients menunjukkan bahwa nilai thitung= 4,872 Langkah selanjutnya yaitu menentukan nilai ttabel nilai ttabel untuk uji dua sisi dengan dicari di Microsoft Excel dengan cara ketik pada cell kosong =tinv(0.05,137), sehingga diperoleh nilai ttabel sebesar 1.976. Dengan demikian nilai thitung ≥ ttabel atau 4,872 ˃ 1,976, maka H0 ditolak. Dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa V SDN Gugus Patimura Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik sekolah, guru maupun orang tua hendaknya memerhatikan dan meningkatkan Kreativitas Guru dan Minat Belajar siswa, sehingga dapat mencapai Prestasi Belajar yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru; Prestasi Belajar Bahasa Indonesia; Minat Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 15:38
Last Modified: 09 Jan 2020 15:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34456

Actions (login required)

View Item View Item