PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DABIN I KECAMATAN CANDIROTO KABUPATEN TEMANGGUNG


Ady Nugroho , 1401412541 (2019) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DABIN I KECAMATAN CANDIROTO KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DABIN I KECAMATAN CANDIROTO KABUPATEN TEMANGGUNG]
Preview
PDF (PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DABIN I KECAMATAN CANDIROTO KABUPATEN TEMANGGUNG) - Published Version
Download (717kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan indikator untuk mengetahui perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah menerima pengalaman belajar. Pada pembelajaran hasil belajar sangat diperlukan agar guru dapat mengetahui seberapa jauh perkembangan siswa setelah mengikuti pembelajaran. Perolehan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, yang dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yakni faktor internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tinggi rendahnya minat dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi berjumlah 169 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Pengambilan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, menghasilkan jumlah sampel penelitian 119 siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji liniearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa sebesar 10,90%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa sebesar 4,00%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS siswa sebesar 15,80%. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru mampu memberi bimbingan dan pengarahan untuk meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah. Sekolah diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar minat, motivasi serta hasil belajar siswa dapat meningkat. Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini diharapkan akan mampu menambah khasanah keilmuan mengenai variabel-variabel yang diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS; Minat Belajar; Motivasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 15:31
Last Modified: 09 Jan 2020 15:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34455

Actions (login required)

View Item View Item