Pengaruh Keterampilan Mengajar dan Kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Pattimura Kecamatan Talang Kabupaten Tegal
M. Riksa Wirapati , 1401412471 (2019) Pengaruh Keterampilan Mengajar dan Kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Pattimura Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS PATTIMURA KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan mengajar dan kreativitas guru menjadi faktor yang dapat memengaruhi prestasi belajar IPS siswa. Siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan dan memiliki guru yang kreatif akan berpengaruh positif terhadap perkembangan prestasi belajar IPS. Semakin banyak guru yang terampil memberikan pembelajaran maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Begitu juga dengan kreativitas guru, semakin tinggi kreativitas guru maka prestasi belajar belajar siswa akan semakin meningkat. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar IPS; (2) pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar IPS; dan (3) pengaruh keterampilan mengajar dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gugus Pattimura Kecamatan Talang Kabupaten Tegal.yang berjumlah 264 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling tipe simple random sampling.Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 159 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi prestasi belajar IPS, keterampilan mengajar dan kreativitas guru. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk prestasi belajar IPS dan angket tertutup dengan skala Likert untuk keterampilan mengajar dan kreativitas guru. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan ketermapilan mengajar guru terhadap prestasi belajar IPS dengan sumbangan sebesar 38,1%; (2) terdapat pengaruh signifikan kreativitas guru dengan prestasi belajar IPS dengan sumbangan 27,6%; dan (3) terdapat pengaruh signifikan keterampilan mengajar guru dan kreativitas guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS dengan sumbangan pengaruh sebesar 41,3%. Hasil penelitian ini hendaknya dapat menjadi informasi dan masukan kepada sekolah, lingkungan keluarga, dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar IPS, Keterampilan Mengajar, Kreativitas Guru. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 15:25 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 15:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34454 |
Actions (login required)
View Item |