KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN UNGARAN BARAT


Hascaryo Muhammad Jati Wibowo , 1401412443 (2018) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN UNGARAN BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN UNGARAN BARAT]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN UNGARAN BARAT) - Published Version
Download (904kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang belum optimal, model pembelajaran yang digunakan kurang variatif sehingga siswa bosan dalam kegiatan pembelajaran. Matematika perlu diberikan kepada semua siswa mulai dari sekoah dasar agar siswa dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan juga kompetitif. Namun berdasarkan data yang diambil dari SD Negeri di Gugus Dewi Sartika Ungaran nilai matematika sebagian siswa kelas IV memiliki nilai yang masih dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model CTL dan model Problem Solving terhadap pembelajaran matematika kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sample 104 siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan quasi eksperimental dengan non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling dari populasi yang ada. Data Hasil belajar dianalisis mengguniakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Pada hipotesis I berdsarkan hasil uji ketuntasan belajar, uji kesamaan rata – rata, uji peningkatan rata – rata ( N – Gain ) diperoleh model CTL lebih efektif dari pada kelas kontrol. Pada hipotesis II berdasarkan hasil uji ketuntasan belajar, uji kesamaan rata – rata, uji peningkatan rata – rata ( N – Gain ) diperoleh model Problem Solving lebih efektif dari pada kelas kontrol. Pada hipotesis III berdasarkan hasil uji ketuntasan belajar, uji kesamaan rata – rata, uji peningkatan rata – rata ( N – Gain ) diperoleh model CTL lebih efektif dari pada model Problem Solving. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model CTL lebih efektif dari pada model Problem Solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Ungaran Barat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan; hasil belajar matematika; CTL; Problem Solving
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 13:20
Last Modified: 09 Jan 2020 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34452

Actions (login required)

View Item View Item