PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 27 SEMARANG


Zakaria Isnain , 2501415074 (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 27 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2501415074dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan kecerdasan antara emosi terhadap hasil pembelajaran seni musik, (2) pengaruh antara kecerdasan emosi terhadap hasil belajar seni musik, (3) kontribusi antara kecerdasan emosi dengan hasil pembelajaran seni musik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 27 Semarang yang dilaksanakan pada bulan November – Desember 2019. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 7 H sejumlah 32 siswa.Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan non eksperimen (ex-post de facto).Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan berupa pernyataan tiap butir soal. Dokumentasi berupa nilai ulangan harian siswa kelas VII H sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment pearson, regresi linier sederhana, dan determinasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rhitung sebesar 0,4855 dengan taraf signifikansi 5 % dengan N = 32 sehingga diperoleh rtabel sebesar 3,49 dengan demikian menyatakan bahwa adanya hubungan kecerdasan emosi terhadap hasil belajar seni musik diterima, yang berarti kecerdasan emosi mempengaruhi hasil belajar seni musik. Sementara pada uji determinasi dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasan emosi terhadap hasil belajar seni musik di SMP Negeri 27 Semarang sebesar 23,57 %. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka penelit akan menyampaikan saran yaitu (1) Bagi siswa, hendaknya dapat memahami emosi sehingga dapat mengontrol emosi dan memotivasi diri dalam belajar agar dapat meraih hasil belajar dengan maksimal; (2) Bagi Guru, hendaknya guru senantiasa memperhatikan kecerdasan emosi siswa sehingga siswa sadar akan potensi yang mereka miliki; (3) Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian yang dapat mempengaruhi hasil belajar selain kecerdasan emosi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosi, Hasil Belajar, Seni Musik
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 11:46
Last Modified: 09 Jan 2020 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34447

Actions (login required)

View Item View Item