TRANSFORMASI PENOKOHAN DAN LATAR DALAM ROMAN LA GLOIRE DE MON PÈRE KARYA MARCEL PAGNOL KE DALAM FILM : STUDI EKRANISASI PAMUSUK ENESTE


Ristiani Alfiana Lestari , 2311413033 (2018) TRANSFORMASI PENOKOHAN DAN LATAR DALAM ROMAN LA GLOIRE DE MON PÈRE KARYA MARCEL PAGNOL KE DALAM FILM : STUDI EKRANISASI PAMUSUK ENESTE. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2311413033maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ekranisasi adalah sebuah proses perubahan dari karya sastra ke dalam film. Menurut Eneste (1991) ekranisasi terdiri atas tiga aspek, yaitu aspek penciutan, aspek penambahan, dan aspek perubahan bervariasi. Perbedaan media menyebabkan adanya perubahan unsur-unsur dalam suatu cerita, salah duanya adalah penokohan dan latar. Roman La Gloire de Mon Père karya Marcel Pagnol dipublikasikan pada tahun 1957 dan diadaptasi ke dalam film oleh Yves Robert pada tahun 1990. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Objek material penelitian ini adalah roman dan film La Gloire de Mon Père, sedangkan objek formal yang digunakan adalah teori ekranisasi. Data diperoleh dengan teknik simak dan teknik catat. Dalam proses ekranisasi penokohan, terjadi delapan penciutan, lima penambahan, dan tiga belas perubahan bervariasi. Selain itu, dalam proses ekranisasi latar, terjadi delapan penciutan, lima belas penambahan, dan sebelas perubahan bervariasi. Perubahan yang dilakukan bertujuan untuk membuat film lebih menarik dan tidak monoton seperti dalam roman. Perbedaan tahun penciptaan serta perbedaan pencipta kedua karya tersebut juga memunculkan perspektif baru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: roman, ekranisasi, penokohan, latar
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:31
Last Modified: 09 Jan 2020 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34400

Actions (login required)

View Item View Item