PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA ARAB BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA SOLO UNTUK SISWA KELAS X MA DI KOTA SOLO


Laily Nurhidayati, 2303414042 (2019) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA ARAB BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA SOLO UNTUK SISWA KELAS X MA DI KOTA SOLO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2303414042maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas X MA di Kota Solo dalam belajar bahasa Arab karena materi yang dimuat dalam buku ajar terlalu sulit. Besarnya minat siswa untuk mempelajari bahasa Arab masih terkendala dengan kurang tersedianya buku ajar bahasa Arab berbasis kearifan lokal Solo. Padahal kebutuhan siswa tidak hanya mengenal bahasa tetapi juga mempelajari nilai-nilai luhur yang terdapat di dalam kearifan lokal Solo, dikarenakan pada dasarnya keduanya saling berkaitan. Oleh karena itu, pengembangan buku ajar bahasa Arab berbasis kearifan lokal Solo sangat dibutuhkan. Supaya siswa secara tidak langsung mengenal kearifan lokal Solo sendiri melalui pembelajaran bahasa Arab. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap buku ajar bahasa Arab berbasis kearifan lokal Solo untuk siswa kelas X MA, 2) bagaimana prototipe buku ajar bahasa Arab berbasis kearifan lokal Solo untuk siswa kelas X MA, 3) bagaimana hasil validasi ahli dan guru terhadap buku ajar bahasa Arab berbasis kearifan lokal Solo untuk siswa kelas X MA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian dan pengembangan (research and development) dengan tahapan penelitian yang dilalui hanya sampai pada tahap lima dari sepuluh tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan buku ajar bahasa Arab berbasis kearifan البياواث الشخصيت, :yaitu tema tiga dari terdiri yang MA X kelas siswa Solo lokal dikembangkan ajar buku prototipe ,Kedua . المرافق العامت, الهىاياث الطلاب و المعرض dengan tiga bagian meliputi (a) fisik buku ajar terdiri dari bentuk dan ukuran buku, desain sampul; (b) bagian awal; (c) bagian isi, terdiri dari kosakata, materi, tata bahasa, dan latihan. Ketiga, aspek isi memeroleh nilai 83,37 dari guru dan 87,55 dari ahli. Aspek penyajian memeroleh nilai 78,33 dari guru dan 8489,14 dari ahli. Aspek bahasa, memeroleh nilai 80,83 dari guru dan 84,25 dari ahli. Aspek audio memeroleh nilai 80 dari guru dan 89,3 dari ahli. Aspek tema buku ajar memeroleh 82,67 dari guru dan 87,67 dari ahli. Aspek kegrafikan memeroleh nilai 80 dari guru dan 89,33 dari ahli. Keseluruhan aspek kelayakan buku adalah 84,49 berada pada rentangan skor 71 -85 mencapai skala 3 dengan kategori layak (sesuai). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku ajar bahasa Arab berbasis kearifan lokal budaya Solo yang peneliti kembangkan layak (sesuai) untuk digunakan oleh siswa kelas X MA guna meningkatkan pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar, Kearifan Lokal, Solo, Siswa Kelas X MA
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:17
Last Modified: 09 Jan 2020 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34397

Actions (login required)

View Item View Item