HUBUNGAN IDENTITAS ETNIS JAWA DAN KESADARAN BUDAYA DENGAN DISONANSI KOGNITIF TENTANG TINDAKAN CYBERBULLYING PADA SISWA KELAS XI SMK PALEBON SEMARANG


Alin Nindi Iryana , 1301415018 (2019) HUBUNGAN IDENTITAS ETNIS JAWA DAN KESADARAN BUDAYA DENGAN DISONANSI KOGNITIF TENTANG TINDAKAN CYBERBULLYING PADA SISWA KELAS XI SMK PALEBON SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN IDENTITAS ETNIS JAWA DAN KESADARAN BUDAYA DENGAN DISONANSI KOGNITIF TENTANG TINDAKAN CYBERBULLYING PADA SISWA KELAS XI SMK PALEBON SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN IDENTITAS ETNIS JAWA DAN KESADARAN BUDAYA DENGAN DISONANSI KOGNITIF TENTANG TINDAKAN CYBERBULLYING PADA SISWA KELAS XI SMK PALEBON SEMARANG) - Published Version
Download (686kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada siswa kelas XI SMK Palebon Semarang yang memiliki tingkat cyberbullying paling tinggi diantara kelas X maupun kelas XII. Hasil ini diperoleh berdasarkan skala cyberbullying yang telah disebar secara random melalui aplikasi googleform. Padahal siswa SMK Palebon mayoritas ber-etnis dan berbudaya Jawa. Dimana hal tersebut bertolak belakang dengan kebudayaan Jawa. Di Jawa sendiri mengajarkan unggah-ungguh bertata krama, nilai-nilai budaya sebagai pedoman hidup dll. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian adalah (1) Adakah hubungan antara identitas etnis jawa dan disonansi kognitif tentang tindakan cyberbullying pada siswa kelas XI SMK Palebon Semarang, (2) Adakah hubungan antara kesadaran budaya jawa dan disonansi kognitif tentang tindakan cyberbullying pada siswa kelas XI SMK Palebon Semarang, (3) Adakah hubungan antara identitas etnis Jawa dan kesadaran budaya jawa dengan disonansi kognitif tentang tindakan cyberbullying pada siswa kelas XI SMK Palebon Semarang. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif korelasional, dengan jumlah populasi sebanyak 236 siswa dan sampel sejumlah 142 siswa, dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan skala disonansi kognitif tindakan cyberbullying, skala identitas etnis Jawa, dan skala kesadaran budaya yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan meliputi analisis regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) ada hubungan signifikan antara identitas etnis Jawa dan disonansi kognitif tentang tindakan cyberbullying pada siswa kelas XI SMK Palebon Semarang, (2) Ada hubungan signifikan antara kesadaran budaya dan disonansi kognitif tentang tindakan cyberbullying pada siswa kelas XI SMK Palebon Semarang, (3) Ada hubungan signifikan antara identitas etnis Jawa dan kesadaran budaya dengan disonansi kognitif tentang tindakan cyberbullying pada siswa kelas XI SMK Palebon Semarang. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat identitas etnis Jawa dan kesadaran budaya pada diri siswa, maka disonansi kognitif tindakan cyberbullying pada siswa akan semakin tinggi pula, sehingga mengakibatkan siswa dapat mengurangi atau bahkan menghindari tindakan cyberbullying. Oleh karena itu disarankan agar guru BK memberikan layanan yang ada dalam bimbingan dan konseling berupa layanan orientasi, informasi, dan penguasaan konten dikaitkan dengan budaya dan etnis Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disonansi Kognitif Tindakan Cyberbullying; Identitas Etnis Jawa; Kesadaran Budaya.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2020 13:04
Last Modified: 08 Jan 2020 13:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34383

Actions (login required)

View Item View Item