HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI, KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KECENDERUNGAN PERILAKU PERUNDUNGAN SIBER PADA SISWA DI SMPN 41 SEMARANG


Nafa Ismi Listianty , 1301415006 (2019) HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI, KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KECENDERUNGAN PERILAKU PERUNDUNGAN SIBER PADA SISWA DI SMPN 41 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI, KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KECENDERUNGAN PERILAKU PERUNDUNGAN SIBER PADA SISWA DI SMPN 41 SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI, KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KECENDERUNGAN PERILAKU PERUNDUNGAN SIBER PADA SISWA DI SMPN 41 SEMARANG) - Published Version
Download (635kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perundungan siber yang terjadi di kalangan siswa SMPN 41 Semarang, didukung dengan perilaku konformitas teman sebaya serta tingkat kematangan emosi siswa yang masih dalam kategori labil. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi, konformitas teman sebaya dan kecenderungan perilaku perundungan siber pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan desain penelitian deskriptif korelasional, dengan populasi seluruh siswa yang berjumlah 722 orang, teknik sampling yang digunakan adalah jenis non probability sampling yakni menggunakan purposive sampling sehingga di dapatkan sampel sejumlah 198 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala kematangan emosi, skala konformitas teman sebaya dan skala perundungan siber yang masing-masing reliabilitasnya 0.891, 0.845, dan 0.889. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, serta analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan (1) Ada hubungan negatif yang signifikan antara kematangan emosi terhadap Perundungan siber pada siswa di SMP Negeri 41 Semarang (p=0,00, β= -0,418 ) dalam artian semakin tinggi kematangan emosi siswa maka semakin rendah tingkat kecenderungan perilaku perundungan siber pada siswa. (2) Ada hubungan positif yang signifikan antara konformitas teman sebaya terhadap kecenderungan perilaku perundungan siber pada siswa di SMP N 41 Semarang (p=0,00, β= 0,236) dengan artian semakin tinggi tingkat konformitas teman sebaya siswa maka semakin tinggi juga tingkat kecenderungan perilaku perundungan siber pada siswa. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kematangan emosi, konformitas teman sebaya terhadap kecenderungan perilaku perundungan siber pada siswa di SMP Negeri 41 Semarang dengan (p=0,00, R=0,508, F= 33,996). Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan kepada guru bk untuk bekerja sama dengan pihak sekolah maupun orangtua siswa dengan memantau perkembangan siswa, misalnya membangun serta mengembangkan kematangan emosi serta dapat memberikan layanan berupa bimbingan kelompok, konseling kelompok, maupun layanan klasikal untuk memberi pemahaman terkait dampak dari tindakan perundungan siber serta mencegah konformitas teman sebaya yang mengarah kedalam hal yang negatif sebagai upaya untuk mencegah perundungan siber.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kematangan emosi; konformitas teman sebaya; perundungan siber
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2020 13:02
Last Modified: 08 Jan 2020 13:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34382

Actions (login required)

View Item View Item