POLA REGULASI EMOSI MAHASISWA BARU PADA JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019


Retno Dian Pertiwi , 1301414102 (2019) POLA REGULASI EMOSI MAHASISWA BARU PADA JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of POLA REGULASI EMOSI MAHASISWA BARU PADA JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019]
Preview
PDF (POLA REGULASI EMOSI MAHASISWA BARU PADA JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019) - Published Version
Download (602kB) | Preview

Abstract

Masa transisi pendidikan membuat mahasiswa baru menghadapi kesulitan seperti sulit memulai hubungan baru, sulit menyesuaikan pembelajaran kampus dan kesulitan lain yang dapat menghambat penyesuaian diri individu. Kesulitan yang dialami membuat individu mengalami gejolak emosi. Gejolak emosi yang tidak terkontrol pada situasi kesulitan akan berdampak pada penyelesaian masalah yang kurang tepat. Penting bagi mahasiswa baru memiliki regulasi emosi yang baik agar mendukung penyesuaian diri dan perkembangan potensi individu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pola regulasi emosi mahasiswa baru jurusan Bimbingan dan Konseling. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dimana fenomenalogi menggunakan pengalaman individu sebagai mahasiswa baru. Narasumber yang diambil adalah mahasiswa baru jurusan bimbingan dan konseling sejumlah 4 orang. Selain itu juga wawancara dilakukan pada teman kos dan teman kampus subyek penelitian dengan jumlah masing – masing 2 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan angket. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pola regulasi emosi yang terjadi pada mahasiswa baru bimbingan dan konseling menampilkan pola regulasi emosi melalui mekanisme regulasi emosi antara penilaian kognitif, reaksi emosi dan coping serta bentuk regulasi emosi yang ditampilkan. Melalui mekanisme tersebut memunculkan dua regulasi emosi yaitu tidak adaptif dan adaptif. Regulasi emosi tidak adaptif yaitu selfblame, rumination sedangkan, regulasi emosi adaptif yaitu refocuse on planning dan positive refocusing. Regulasi emosi adaptif dan tidak adaptif yang ditampilkan dapat dilihat pola pembedanya. Bagi penelitian lanjutan disarankan menggunakan sasaran subyek masa transisi pada bidang lain. Selain itu dapat dilakukan dengan jumlah subyek lebih banyak agar dapat lebih mudah membuat generalisasi pola dan perbedaan regulasi emosi yang lebih signifikan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Regulasi emosi, mahasiswa baru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 Jan 2020 20:29
Last Modified: 07 Jan 2020 20:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34374

Actions (login required)

View Item View Item