HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DAN KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN AKADEMIK SISWA DI SMA 2 KENDAL
Muh Fajar Septianto , 1301414098 (2019) HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DAN KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN AKADEMIK SISWA DI SMA 2 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DAN KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN AKADEMIK SISWA DI SMA 2 KENDAL)
- Published Version
Download (376kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena kecemasan akademik yang seringkali dialami oleh beberapa siswa di sekolah. Kecemasan akademik merupakan rasa tegang dan takut pada sesuatu yang belum terjadi dan berdampak negatif bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara locus of control dan konsep diri dengan kecemasan akademik siswa di SMA baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 186 dari 1124 siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Anxiety Assessment Scale for Students, Academic Locus of Control Scale, dan Student Self Concept Scale. Koefisien skala tersebut adalah 0,262-0,641; 0,170-0,549; dan 0,213-0,645 dengan nilai alpha 0,862; 0,709; dan 0,859. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara locus of control dengan kecemasan akademik (R= 0,403, F = 35,748, p < 0,01). Kemudian antara konsep diri dengan kecemasan akademik juga terdapat hubungan yang signifikan (R = 0,434, F = 42,584, p < 0,01). Begitu pula antara locus of control dan konsep diri secara bersama-sama juga memiliki hubungan yang signifikan dengan kecemasan akademik (R = 0,471, F = 26,140, p < 0,01). Disarankan agar guru BK dapat memberikan perhatian lebih dan respon yang positif terhadap siswa yang mengalami kecemasan akademik, seperti memberikan layanan yang menekankan pada terciptanya suasana belajar yang menyenangkan dan mengembangkan sense of humor dan menggunakan pendekatan humanistik dalam pengelolaan kelas, serta memberikan pemahaman pentingnya memiliki konsep diri yang positif seperti kepercayaan diri dan pendirian yang kuat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Locus of Control, Konsep Diri, Kecemasan Akademik |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 20:00 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 20:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34371 |
Actions (login required)
View Item |