PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMK NEGERI 8 SEMARANG


Puri Wijayanti , 1301414090 (2019) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMK NEGERI 8 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMK NEGERI 8 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMK NEGERI 8 SEMARANG) - Published Version
Download (939kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang umum terjadi, yakni kurangnya kepedulian sosial atau sikap menolong pada siswa di lingkungan sekolah. Perilaku prososial merupakan tindakan menolong yang dilakukan tanpa alasan tertentu, yang memberikan manfaat bagi orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis ada tidaknya hubungan antara kemampuan komunikasi interpersonal dengan perilaku prososial pada siswa SMK N 8 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif korelasional. Dengan sampel sejumlah 284 siswa dari 792 siswa, pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala komunikasi interpersonal dan skala perilaku prososial. Skala tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasya, sehingga terbukti layak dan dapat dipercaya. Adapun teknik analisis dilakukan melalui analisis deskriptif persentase dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal berpengaruh secara positif dan signifika terhadap perilaku prososial (R= 0,881, F= 106,779, p = <0,01). Hasil tersebut menggambarkan, jika tingkat komunikasi interpersonal siswa tinggi maka tingkat perilaku menolong juga tinggi. Secara umum komunikasi interpersonal berkontribusi terhadap perilaku prososial sebesar 65,8%. Sehingga dapat disimpulkan (1) tingkat perilaku prososial siswa dalam kategori tinggi; (2) tingkat komunikasi interpersonal siswa dalam kategori tinggi; (3 komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap perilaku prososial. Disarankan agar guru BK dapat memberikan layanan yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa khususnya dalam hal ini sikap positif, terbuka, serta empati siswa. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pemberian layanan baik secara klasikal, kelompok, maupun secara individu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Perilaku Prososial, Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 Jan 2020 19:45
Last Modified: 07 Jan 2020 19:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34368

Actions (login required)

View Item View Item