PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG TERHADAP PROSES BIMBINGAN SKRIPSI


Alfian Eko Rosyadi, 2302412011 (2018) PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG TERHADAP PROSES BIMBINGAN SKRIPSI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2302412011maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa yang menempuh pendidikan strata satu untuk memperoleh gelar akademisnya sebagai sarjana. Syarat skripsi adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang harus memiliki minimal 130 SKS dan lulus di mata kuliah Metodologi Penelitian dan Seminar Desain Skripsi. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dengan melakukan wawancara pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi sebanyak 15 responden, diketahui bahwa ada penilaian positif dan ada pula penilaian negatif terhadap proses bimbingan skripsi. Oleh karena itu, penulis mengadakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Unnes terhadap proses bimbingan skripsi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Unnes angkatan 2011 sampai 2014 yang sedang mengerjakan skripsi sebanyak 50 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa persepsi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes terhadap proses bimbingan skripsi secara keseluruhan termasuk dalam kategori sedang (59%). Dalam penelitian ini, faktor internal 53% dan faktor eksternal 46%. Jadi faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap proses bimbingan skripsi adalah faktor eksternal. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa mahasiswa sekarang lebih bersemangat mengerjakan skripsi, walau terkadang merasa gugup, takut, cemas dan binggung. Kinerja dosen pembimbing skripsi juga baik, seperti menyediakan waktu buat bimbingan dan pelaksanaan bimbingan sesuai rencana bimbingan di Sitedi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Proses Bimbingan Skripsi, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Jan 2020 14:22
Last Modified: 07 Jan 2020 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34351

Actions (login required)

View Item View Item