HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN KEDISIPLINAN MEMATUHI TATA TERTIB SISWA KELAS VIII SMP TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Tindi Laili Nurizqi , 1301414005 (2019) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN KEDISIPLINAN MEMATUHI TATA TERTIB SISWA KELAS VIII SMP TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena di lapangan tentang perilaku disiplin siswa yang akhir-akhir ini menunjukkan tingkat kedisiplinan yang relatif rendah dengan melihat salah satu faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga. Pelanggaran kedisiplinan siswa dapat diakibatkan oleh lingkungan keluarga berupa dukungan sosial keluarga yang diterimanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan mematuhi tata tertib siswa, mengetahui tingkat dukungan sosial keluarga, dan menganalisis hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan kedisiplinan mematuhi tata tertib. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto, dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Teuku Umar Semarang tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 208 siswa dengan taraf signikasi 5% ditemukan sampel sebanyak 131 siswa yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah, dan skala dukungan sosial keluarga dengan koefisien sebesar 0,303-0,726; dan 0,318-0,810 dengan koefisien Alpha sebesar 0,897, dan 0,913. Adapun teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji korelasi product moment (pearson). Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan (1) kedisiplinan mematuhi tata tertib masuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata 74,41%, (2) dukungan sosial keluarga masuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata 69,79%, dan (3) terdapat hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah (R=0,565; p<0,05). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial keluarga, maka semakin tinggi kedisiplinan mematuhi tata tertib siswa kelas VIII SMP Teuku Umar Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Oleh karena itu, disarankan agar guru BK dapat meningkatkan perilaku disiplin siswa melalui pemberian layanan informasi dan konsultasi kepada orang tua tentang pentingnya memberikan apresiasi, ungkapan positif dari tindakan yang dilakukan, serta dapat memberikan layanan konseling keluarga.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dukungan sosial keluarga, kedisiplinan mematuhi tata tertib |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 12:41 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 12:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34341 |
Actions (login required)
View Item |