Keefektifan Media Pendukung Bahan Ajar Guru Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Siklus Hidrologi Kelas X SMA 12 Semarang Tahun 2011
Merliana AMB, 1102407035 (2011) Keefektifan Media Pendukung Bahan Ajar Guru Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Siklus Hidrologi Kelas X SMA 12 Semarang Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Keefektifan Media Pendukung Bahan Ajar Guru Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Siklus Hidrologi Kelas X SMA 12 Semarang Tahun 2011)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA 12 Semarang, kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru, hasil belajar masih dibawah KKM dan guru kurang memanfaatkan media dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Media Pendukung Bahan Ajar Guru Berbasis Multimedia efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X semester 2 SMA 12 Semarang pada pokok bahasan Siklus Hidrologi Tahun 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Media Pendukung Bahan Ajar Guru Berbasis Multimedia pokok bahasan Siklus Hidrologi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X semester 2 SMA 12 Semarang Tahun 2011. Manfaat penelitian ini bagi siswa dapat memahami materi pelajaran Siklus Hidrologi, bagi guru sebagai pertimbangan dalam menggunakan media dalam pembelajaran di kelas dan bagi sekolah sebagai perbaikan proses pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa dan peningkatan kualitas sekolah yang bersangkutan. Media Pendukung Bahan Ajar Guru Berbasis Multimedia juga memiliki keunggulan yaitu sebagai alat komunikasi mengefektifkan proses pembelajaran dikelas. Format penyajian media pendukung bahan ajar guru berbasis multimedia ialah tutorial dan simulasi dengan bantuan komputer dan LCD, dapat memvisualisaikan materi pelajaran sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi yang abstrak. Diharapkan guru dapat menggunakan Media Pendukung Bahan Ajar Guru Berbasis Multimedia dalam pembelajaran, khususnya guru geografi dalam pembelajaran geografi pokok bahasan Siklus Hidrologi. Penelitian ini merupakan penelitian R and D (Research and Development). Penelitian ini untuk mengetahui kelayakan Media Pendukung Bahan Ajar Guru Berbasis Multimedia yang diuji oleh pakar Media dan Materi. Program dinilai dengan metode checklist oleh pakar Media dan Materi, kemudian diujicobakan pada siswa (responden) untuk mengetahui tingkat kelayakan media (program) berdasarkan kriteria/indikator yang telah ditentukan. Hasilnya diolah secara deskriptif persentase. Hasil angket penilaian kelayakan Media diperoleh sebesar 70 % Media Pendukung Bahan Ajar Guru Berbasis Multimedia layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Pada saat pretest rata-rata hasil evaluasi nilai kelas yaitu 6,32. Pada saat posttest rata-rata nilai evaluasi kelas yaitu 8,04. Peningkatan rata-rata nilai dari pretest ke posttest sebesar 1,72. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu pembelajaran menggunakan Media Pendukung Bahan Ajar Guru Berbasis Multimedia pokok bahasan Siklus Hidrologi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X semester 2 SMA 12 Semarang. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan agar guru menggunakan Media Pendukung Bahan Ajar Guru Berbasis Multimedia dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran Geografi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, Media Pendukung Bahan Ajar Guru Berbasis Multimedia, Siklus Hidrologi. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 04:18 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3429 |
Actions (login required)
View Item |