PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN BIMBINGAN KLASIKAL BIDANG SOSIAL DI SMP N 34 SEMARANG


Rizky Sagita Amalia , 1301414050 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN BIMBINGAN KLASIKAL BIDANG SOSIAL DI SMP N 34 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN BIMBINGAN KLASIKAL BIDANG SOSIAL DI SMP N 34 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN BIMBINGAN KLASIKAL BIDANG SOSIAL DI SMP N 34 SEMARANG) - Published Version
Download (514kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena bahwa belum terdapat instrumen tepat yang dapat digunakan untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan bimbingan klasikal bidang sosial, oleh sebab itu peneliti mengembangan instrumen evaluasi hasil pelaksanaan bimbingan klasikal yang sudah ada di lapangan menjadi lebih praktis, efisien dan mudah untuk digunanakan guru BK di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui model instrumen yang digunakan dalam evaluasi hasil pelaksanaan layanan klasikal bidang sosial di SMP 34 Semarang. (2) mengetahui pengembangan model instrumen evaluasi hasil pelaksanaan layanan klasikal bidang sosial di SMP 34 Semarang. (3) mengetahui kelayakan pengembangan model instrumen evaluasi hasil pelaksanaan layanan klasikal bidang sosial di SMP 34 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Metode pengujian validasi isi menggunakan penilaian ahli dan penilaian praktisi, validitas konstruk menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), sedangkan pengujian reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua item pernyataan sebayak 30 item dari semua aspek yang dinilai dinyatakan valid secara isi berdasarkan penilaian ahli dan praktisi yang dihitung menggunakan formula Aiken V dengan nilai koefisien aiken ≥ 0,3. Serta secara konstruk dengan diuji coba skala kecil dari ketiga aspek yang dinilai dinyatakan sebanyak 26 item valid dengan masing- masing meliki nilai loading factor ≥ 0,5. Serta ketiga aspek yang dinilai memiliki koefisisen reliabilitas yang sangat tinggi, aspek pertama yaitu 0,912, aspek kedua yaitu 0,939 dan aspek ketiga yaitu 0,949. Sehingga instrumen pengembangan layak untuk digunakan. Sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model instrumen faktual yang digunakan dinilai kurang dapat digunakan untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan bimbingan klasikal bidang sosial. (2) model hipotetik menghasilkan desain model instrumen hipotetik yang berbentuk skala psikologis yang disesuaikan dengan aspek penilaian yang ada di evaluasi hasil yaitu tentang aspek pemahaman diri, perasaan positif dan recana kegiatan yang akan dilakukan paska menerima bimbingan klasikal bidang sosial. (3) Pengembangan model instrumen evaluasi hasil pelaksanaan bimbingan klasikal bidang sosial hasil dinilai layak dan dapat digunakan. Akan tetapi dalam penelitian ini masih perlu disempurnakan lagi dengan mengembangkan semua aspek yang ada dibidang sosial, perlu adanya uji coba lebih luas untuk melihat lebih jauh efektivitas instrumen evaluasi hasil pelaksanaan bimbingan klasikal bidang sosial dan perlu ditambahkan instrumen observasi guna melihat perubahan pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan instrumen, evaluasi hasil, layanan klasikal, bidang sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 31 Dec 2019 14:22
Last Modified: 31 Dec 2019 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34214

Actions (login required)

View Item View Item