PEMETAAN ZONASI DAN KARAKTERISTIK LAHAN KRITIS PADA MORFOMETRI BENTANGLAHAN DI WILAYAH PERHUTANI BAGIAN KESATUAN PEMANGKU HUTAN (BKPH) KALIBODRI KABUPATEN KENDAL


Muhammad Rifki Annas M , 3211415040 (2019) PEMETAAN ZONASI DAN KARAKTERISTIK LAHAN KRITIS PADA MORFOMETRI BENTANGLAHAN DI WILAYAH PERHUTANI BAGIAN KESATUAN PEMANGKU HUTAN (BKPH) KALIBODRI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3211415040maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan produksi lahan hutan produksi di wilayah Perum Perhutani BKPH Kalibodri terdapat permasalahan mulai dari penjarahan kayu hutan dan belum dilakukannya penanaman tanaman keras yang mengakibatkan munculnya lahan kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui (1) zonasi lahan kritis berdasarkan bentanglahan di BKPH Kalibodri, dan (2) karakteristik sifat tanah pada lahan kritis untuk tiap tipe morfometri bentanglahan di BKPH Kalibodri. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, bahan yang diperoleh berdasarkan hasil pengolahan data sekunder yang telah divalidasi di lapangan. Variabel penelitian antara lain morfometri bentanglahan, lahan kritis, sifat biologi dan fisik tanah. Penentuan karakteristik tanah berdasarkan pengolahan data primer. Penentuan data menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan perbedaan karakteristik. Jumlah populasi 37 morfometri bentanglahan. Jumlah sampel 17 titik mewakili tipe morfometri bentanglahan yang sama namun dengan kelas lahan kritis yang berbeda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, (1) persebaran zonasi lahan kritis di wilayah BKPH Kalibodri menjadi 4 kelas diantaranya kategori agak kritis berjumlah 3 zonasi, kritis berjumlah 4 zonasi, dan sangat kritis berjumlah 30 zonasi yang tersebar dibatasi pada satuan unit morfometri bentanglahan. (2) terdapat beberapa perbedaan karakteristik lahan kritis yang mempunyai spesifikasi tipe morfometri yang sama namun memiliki kategori lahan kritis yang berbeda karakteristik tanah tersebut antara lain permeabilitas, tekstur, struktur dan bahan organik. Program penanggulangan lahan kritis untuk wilayah BKPH Kalibodri merupakan program yang sangat penting (urgent) untuk dilakukan pada saat ini. Tiap tipe morfometri mempunyai karakteristik dan ciri bentuklahan lahan yang berbeda-beda yang berdampak pada perbedaan sifat tanah dalam pertumbuhan tanaman hutan produksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Zonasi Lahan Kritis, Morfometri Bentanglahan, Karakteristik Tanah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 20:24
Last Modified: 30 Dec 2019 20:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34211

Actions (login required)

View Item View Item