IDENTIFIKASI PERMUKIMAN KUMUH PADA TINGKAT RW DAN ARAHAN PENANGANAN DI KELURAHAN TANJUNGSARI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN REMBANG


Adit Pratama Setya Nugraha , 3211415019 (2019) IDENTIFIKASI PERMUKIMAN KUMUH PADA TINGKAT RW DAN ARAHAN PENANGANAN DI KELURAHAN TANJUNGSARI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3211415019maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelurahan Tanjungasri merupakan salah satu kelurahan yang teridentifikasi kumuh yang ada di Kabupaten Rembang. Faktor penyebab kekumuhan adalah sarana dan prasrana lingkungan seperti fasilitas persampahan, drainase, jalan lingkungan dan keteraturan bangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengidentifikasi persebaran permukiman kumuh tingkat RW, (2) faktor penyebab permukiman kumuh di masing-masing RW, dan (3) arahan penanganan untuk RW yang teridentifikasi paling kumuh.. Penelitian ini merupakan penelitian survai dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah rumah tangga yang tinggal di Kelurahan Tanjungsari dengan sampel yang diambil secara Purposive sampling sebanayak 96 KK. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen lapangan, kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi, digitasi dan interpretasi citra. Teknik analisis data menggunakan analisis pembobotan yang didasarkan atas permen PUPR No.14/PRT/M/2018 yang telah domodifikasi dan analisis skoring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) seluruh RW yang ada di Kelurahan Tanjungsari teridentifikasi kumuh ringan (2) faktor penyebab kekumuhan dikarenakan sarana dan prasarana yang belum tersedia (3) kekumuhan tertinggi dialami oleh RW 01 arahan penangananya dengan megadopsi teori Van Horen, yaitu penangananya dibagi menjadi 5 tataran utama. Simpulan, Kekumuhan yang terjadi di Kelurahan Tanjungsari dikategorikan kumuh ringan yang terjadi akibat minimnya sarana dan prsarana yang ada. Saran, dibutuhkan perhatian pemerintah yang lebih lagi untuk penanganan permukiman kumuh melalui beberapa program lain yang dapat mengentaskan kekumuhan selain program kotaku. Karena pada dasarnya program kotaku hanta berfokus pada pembenahan fisik tanpa ada pembenahan secara humanis agar tercipta budaya cinta akan lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Permukiman Kumuh, Tingkat RW, Arahan Penanganan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 20:38
Last Modified: 30 Dec 2019 20:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34210

Actions (login required)

View Item View Item