ANALISIS KESESUAIAN PENGGUNAAN LAHAN PADA TIPOLOGI KAWASAN RAWAN BENCANA GUNUNG MERAPI DI KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN


Muh Chamim, 3211414044 (2019) ANALISIS KESESUAIAN PENGGUNAAN LAHAN PADA TIPOLOGI KAWASAN RAWAN BENCANA GUNUNG MERAPI DI KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3211414044maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten merupakan daerah yang terletak di lereng Gunung Merapi dan merupakan salah satu daerah yang terkena langsung dampak dari erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010. Sehingga Kecamatan Kemalang ini termasuk ke dalam daerah kawasan rawan bencana letusan Gunung Merapi. Pertumbuhan penduduk yang tiap tahun meningkat mengakibatkan kebutuhan penggunaan lahan pada daerah tersebut juga ikut meningkat. Dengan kondisi seperti itu, pengendalian pemanfaatan ruang menjadi sangat penting dilakukan oleh pemerintah khususnya pemerintah daerah dalam upaya mengoptimalkan fungsi lahan sesuai dengan ketentuannya agar bisa meminimalis kerugian dari dampak jika terjadi letusan Gunung Merapi baik itu kerugian material atau immaterial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penggunaan lahan dan tanggapan masyarakat terhadap arahan penggunaan lahan pada tipologi kawasan rawan bencana gunungapi Kecamatan Kemalang. Teknik pegambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel arela dan sampel acak. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi lapangan. Teknik pengolahan data menggunakan teknik skoring sesuai dengan parameter yang ditentukan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskiptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan lahan pada daerah tipologi kawasan rawan bencana gunung api di Kecamatan Kemalang yang sesuai dengan peraturan penggunaan lahan seluas 50,02 km2 atau 84,85% dari luas seluruh wilayah Kecamatan Kemalang. Sedangkan daerah yang tidak sesuai dengan aturan penggunaan lahannya mempunyai luas 8,93 km2 atau 15,15%. Ketidak sesuaian penggunaan lahan ini disebabkan karena sebagian besar masyarakat belum mengetahui tentang adanya peraturan arahan penggunaan lahan tersebut. Saran dari hasil penelitian ini adalah perlu adanya sosialisasi yang merata kepada masyarakat tentang pentingnya peraturan penggunaan lahan tersebut. Dan masyarakat di Kecamatan Kemalang juga seharusnya tanggap terhadap peraturan yang ada di daerah mereka mengingat daerah yang mereka tinggali merupakan daerah dengan tingkat resiko tinggi terhadap bencana lentusan Gunung Merapi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian penggunaan lahan, tipologi kawasan rawan bencana, tanggapan masyarakat.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 20:04
Last Modified: 30 Dec 2019 20:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34201

Actions (login required)

View Item View Item