KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI PADI ORGANIK TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA PETANI DESA SAWANGAN KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG


Umi Chumaidah , 3211412053 (2019) KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI PADI ORGANIK TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA PETANI DESA SAWANGAN KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3211412053maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Data jumlah petani padi organik menurut Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Sawangan Desa Sawangan Kecamatan Sawangan mempunyai lahan sawah organik paling luas diantara 8 desa lain di Kecamatan Sawangan. Komoditas pertanian yang dibudidayakan yaitu padi dengan jenis varietas menthik wangi. Tanaman ini unggul karena mudah dikembangkan di wilayah yang mempunyai potensi lahan sawah yang baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui karakteristik petani yang membudidayakan padi. (2) Mengetahui teknik budidaya tanaman padi secara organik yang dilakukan oleh petani. (3) Mengetahui faktor pemilihan usahatani padi. (4) Menganalisis seberapa besar kontribusi hasil produksi padi organik terhadap pendapatan keluarga petani. Populasi dalam penelitian ini adalah petani yang membudidayakan padi secara organik di Desa Sawangan dan tergabung dalam GATOS (Gabungan Tani Organik Sawangan). Teknik sampling yang digunakan adalah stratified proportionate random sampling ditetapkan sebanyak 40 responden. Variabel bebas dalam penelitian yaitu karakteristik petani, faktor yang menyebabkan petani memilih usahatani dan teknik budidaya tanaman padi, sedangkan variabel terikatnya adalah kontribusi pendapatan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik petani yang membudidayakan padi secara organik di dominasi oleh laki-laki dengan rata-rata luas lahan 0,12- 0,50 ha. Tingkat pendidikan petani 87,5 % menempuh jenjang tingkat SMA. Teknik budidaya Tanaman padi yang dilakukan oleh petani di Desa Sawangan meliputi kegiatan pengolahan lahan, pembibitan, penanaman, pengairan, pemeliharaan tanaman, panen dan pasca panen. Faktor yang mempengaruhi pemilihan usahatani terdiri dari faktor penghambat dan faktor pendorong. Hasil Usaha budidaya tanaman padi memberikan kontribusi terhadap pendapatan rumah tangga petani, disamping pendapatan lain dari bekerja di sektor non pertanian dalam satu rumah tangga petani. Kesimpulan penelitian yaitu faktor yang paling berpengaruh dalam pembudidayaan padi secara organik yaitu pupuk. Kontribusi yang di berikan usahatani tanaman padi terhadap pendapatan keluarga rendah yaitu sebesar 29,53% dari total pendapatan yang diterima oleh petani. Saran penelitian ini perlu adanya subsidi pupuk kepada petani agar petani lebih menghemat biaya pupuk sehingga pendapatan petani lebih besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Padi Organik, Kontribusi Usahatani Padi, Pendapatan keluarga
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa Jepang (D3)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 19:08
Last Modified: 30 Dec 2019 19:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34180

Actions (login required)

View Item View Item