Efektifitas Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Remaja pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Ungaran tahun pelajaran 2005/2006.
Wahyu Munandar, 1301401030 (2006) Efektifitas Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Remaja pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Ungaran tahun pelajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Efektifitas Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Remaja pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Ungaran tahun pelajaran 2005/2006.)
- Published Version
Download (62kB) | Preview |
Abstract
Masa remaja merupakan periode penting dalam pembentukan nilai. Kemampuan kognitif remaja yang makin meningkat menambah kesadaran mereka akan nilai dan moral. Individu yang sudah memasuki masa remaja diharapkan mengganti konsep-konsep moral yang berlaku di masa kanakkanak dengan prinsip moral yang berlaku secara umum dan merumuskannya ke dalam kode moral yang akan berfungsi sebagai pedoman bagi perilakunya. Remaja harus dapat mengendalikan perilakunya sendiri yang sebelumnya menjadi tanggung jawab orang tua dan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan moral siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran tahun pelajaran 2005/2006 dan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok dalam meningkatkan perkembangan moral remaja pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran tahun pelajaran 2005/2006. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Ungaran. Teknik pengambilan sampel dengan proporsional sampling. Sedang jumlah sampel diambil 10% dari populasi sehingga diperoleh sampel sejumlah 42 siswa. Teknik pengumpul data menggunakan skala moral. Sebelum skala moral diberikan kepada subyek, terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya sehingga alat ukur tersebut layak digunakan. Uji validitas dilakukan dengan cara mengkorelasikan setiap item dengan skor total menggunakan rumus product moment. Sedang uji reliabilitasnya menggunakan rumus alpha. Hasil uji validitas maupun reliabilitas menunjukan hasil yang valid sehingga skala moral tersebut layak digunakan. Di samping skala moral penulis menggunakan pedoman observasi sebagai pengamatan terhadap moral siswa yang ditunjukan dengan perilaku siswa. Setelah data terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji t di dapat t hitung sebesar 9,00 sedangkan apabila dilihat t tabel dengan taraf signifikansi 5% dan N= 42 didapat t tabel sebesar 2,02. Jadi di sini nilai t hitung > t tabel sehingga dapat dikatakan bahwa ada perbedaan antara moral remaja sebelum mendapatkan layanan dengan sesudah mendapat layanan bimbingan kelompok.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 01:58 |
Last Modified: | 16 Aug 2011 01:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3416 |
Actions (login required)
View Item |